Headlines News :

Di Kedepatian Semerap, Wabup Kerinci Zainal Abidin Diarak Keliling Kampung, Tafyani Kasim dan Ruslan Turut Hadir

MerdekaPost | Minggu, 06 Agustus 2017

Pelaksanaan Kenduri Sko (adat) Acara budaya nan sakral di Kedepatian Semerap tadi pagi Minggu 06/08,Tampak hadir pada acara Kenduri Sko tersebut, H Tafyani Kasim dan H Ruslan. (MPN/ald)
Kerinci, MERDEKAPOST - Pelaksanaan Kenduri Sko (adat) Acara budaya nan sakral di Kedepatian Semerap tadi pagi Minggu 06/08 kembali dilaksanakan.

Acara tersebut, dihadiri oleh para Depati ninik mamak diwilayah 5 Desa Kedepatian Semerap, Pemerintah Desa, serta berbagai elemen masyarakat.

Sebagimana rutinitas seperti tahun-tahun sebelumnya, prosesi diawali dengan berarak-arakan keliling kampung yang diikuti oleh Wakil Bupati Kerinci Zainal Abidin serta para undangan lainnya.

Para pemangku adat, ninik mamak alim ulama cerdik pandai diarak mengelilingi kampung dengan iringan suara gong dan canang yang cukup memukau perhatian.

Wakil Bupati Kerinci Zainal Abidin seperti tahun lalu kembali mendapat kehormatan dari pemangku adat setempat bersama berarak keliling kampung, dan juga beriringan dengan masyarakat dalam wilayah kedepatian semerap.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kerinci Zainal Abidin, menyebutkan, acara adat istiadat yang sudah membudaya ini perlu dilestarikan, dan dirinya sangat mendukung kegiatan sakral ini.

"Saya sangat bangga dan memberikan apresiasi atas acara yang rutin dilaksanakan tiap tahun ini, acara yang sangat sakral, arak-arakan keliling kampung, ziarah ke makam leluhur dan salam simpuh para pasangan suami
istri yang baru menikah". Terang Wabup.

"Saya berharap acara seperti ini terus dilestarikan sebagai adat istiadat Kerinci sampai akhir masa, jangan sampai hilang ditelan zaman, tak lapuk karena hujan tak lekang karena panas". Ujarnya.

"Terima kasih atas kehormatan dari para Depati, sungguh ini memberikan kesan yang luar biasa, salam kebersamaan". Pungkasnya.

Tampak hadir pada acara Kenduri Sko tersebut, H Tafyani Kasim dan H Ruslan yang tampak ikut berbaur ditengah-tengah masyarakat setempat. (ald)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net