Headlines News :

Semalam di Lempur 'Lekuk 50 Tumbi', Apa Saja Aktifitas Wabup Kerinci

MerdekaPost | Minggu, 02 Oktober 2016

Ket. Photo : 1. Wabup bersama Depati Agung 2a. Wabup ikut 'Bertauh' bersama orang adat dan masyarakat 2b. Wabup menutup turnamen Sepak Bola Pemuda di Lempur Tengah, 3. Makan Bersama, 4. Wabup bersama Mahsiswa dan Organisasi Pecinta Alam, 5. Wabup Menyampaikan sambutannya pada acara Kenduri Sko (doc/afr/2016)
KERINCI, MERDEKAPOST - Wakil Bupati Kerinci Zainal Abidin, sejak Sabtu 1/10 Hingga Minggu 2/10 sore berada di Lempur Tengah "Lekuk 50 Tumbi" yang merupakan wilayah adat Depati Agung yang terletak secara administratif di Kecamatan Gunung Raya Kabupaten Kerinci.

Zainal beserta istri Yanti maria Susanti sampai di Lempur Tengah pada Sabtu sekitar pukul 16.00 WIB sore, langsung menuju stadion Gelora Masa dan selanjutnya menutup turnamen Sepak Bola yang dilaksanakan pemuda Lempur Tengah dalam rangka kenduri sko.

Pada grand final berhadapan PS. Bunga Tanjung melawan PS. Merpati Hiang yang pada akhirnya di menangkan oleh PS. Merpati dengan skor tipis 1-0.

Kemudian setelah menutup secara resmi turnamen sepak bola antar club tersebut, Wabup selanjutnya menuju tempatnya menginap dirumah salah seorang warga setempat dan selanjutnya menuju lokasi acara sekapur sirih dan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba yang diadakan dalam rangka kenduri sko. acara puncak kegiatan pemuda ini bertempat di gedung Gelora Masa Kelurahan Lempur Tengah.

Setelah acara sekapur sirih dilanjutkan dengan penyerahan hadiah, disela-sela acara hiburan bersama beberapa artis papan atas kabupaten Kerinci. Wabup ikut menyumbangkan satu buah lagu yang merupakan ciftaannya sendiri. Satu buah lagu yang dinyanyikan Wabup dilelang panitia satu juta Rupiah dan kemudian setelah Wabup menyusul Depati Suko Berajo juga ikut menyumbangkan satu buah lagu yang juga dilelang panitia seharga satu juta rupiah.

Selanjutnya, sekitar pukul 12.30 WIB acara puncak kegiatan pemuda ditutup dan dilanjutkan dengan acara sakral yang ditunggu-tunggu masyarakat yaitu Tari Tauh. tarian ini merupakan salah satu seni adat budaya Lempur yang sudah berumur ratusan tahun dan selalu digelar pada saat kenduri sko.

Pukul 01.00 WIB Wabup terlihat ikut membaur bersama para depati ninik mamak dan masyarakat setempat dalam acara 'Batauh' bersama warga masyarakat, hingga pukul 03.00 WIB dini hari Wabup bersama rombongan kembali menuju penginapan yaitu disalah satu rumah penduduk yang tidak begitu jauh dari lokasi acara dan bersiap-siap untuk acara seremonial Kenduri Sko yang bakal digelar besoknya sekitar pukul 09.00 WIB.

Minggu (02/10) tepat pukul 09.00 WIB dilaksanakan acara seremonial kenduri sko, pembacaan beberapa putusan adat dan pelantikan salah seorang ninik mamak yang bertugas di wilayah bukit Kerman yaitu Supriadi.



Wabup menyampaikan sambutannya, intinya menyampaikan bahwa acara sakral seperti ini hendaknya terus dilestarikan, sebab ini merupakan warisan budaya dari nenek moyang kita..

Wabup juga menyampaikan bahwa proses pemekaran Kerinci Hilir terus berlanjut, jika Kerinci Hilir ingin mekar, tentunya kita semua harus kompak. ujarnya semangat

Sementara itu, Depati Agung, Drs.H. Amris Kahar, menyampaikan bahwa satu-satunya pemimpin daerah yang pernah bermalam di Lempur Tengah dan mengikuti rangkaian kegiatan adat dari awal sampai akhir adalah Wakil Bupati Kerinci Zainal Abidin.

"Wabup Kerinci adalah satu-satunya pejabat daerah yang ikut bersama masyarakat dan orang adat dalam rangkaian acara dari awal sampai akhir, bahkan beliau bersedia menginap di sini". Ungkap Depati Agung.

"Terima kasih banyak Pak Wabup  dan sampai berjumpa di acara selanjutnya di Lempur Hilir dan Manjuto". Pungkasnya.

Acara selesai pada pukul 12.30 dan dilanjutkan dengan makan bersama di lokasi acara, yaitu di lantai dua gedung gelora masa.

Setelah makan bersama wabup didampingi Depati Agung H Amris Kahar, langsung bergerak menghadiri undangan warga kerumah-rumah dan terakhir Wabup menyempatkan diri untuk bertakziah kerumah salah seorang warga yang meninggal.

tepat pukul 16.00 WIB sore Wabup bersama rombongan berpamitan dengan dengan Depati Agung untuk kembali ke kediamannya dirumah dinasnya di Sungai Penuh. (adz)


 

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net