Headlines News :

Zainal Dipercaya Angkat Pedang Pusaka Peninggalan Depati Biang Sari Berumur 1400 Tahun

MerdekaPost | Senin, 19 September 2016

Zainal Dipercaya Angkat Pedang Pusaka Peninggalan Depati Biang Sari Berumur 1400 Tahun
Wabup Kerinci Zainal Abidin saat diberikan kepercayaan mengangkat pedang pusaka Depati Biang Sari pada saat kenduri Sko Desa Pengasi, Wabup juga diarak keliling kampung sebagai simbol bahwa masyarakat Desa Pengasi telah mengangkat dirinya sebagai anak jantan Desa Pengasi. (Minggu/18/09)
KERINCI, MERDEKAPOST.NET - Wakil Bupati Kerinci Zainal Abidin diberikan kesempatan oleh masyarakat, orang adat, ninik mamak, tuo tengganai Desa Pengasi Kecamatan Bukit Kerman untuk mengangkat pedang pusaka Depati Biang Sari yang konon menurut hikayatnya telah berumur 1400 tahun.

Pusaka yang berupa pedang tersebut dikeluarkan pada saat acara kenduri sko (Kenduri Adat) Desa Pengasi lama dan Pengasih Baru yang dilaksanakan Minggu,18/09 pagi.

Informasi yang berhasil dihimpun Merdekapost.net, berdasarkan penuturan orang adat setempat, pedang ini tidak sembarangan dikeluarkan dan tidak sembarangan orang bisa memegangnya, hanya pada saat-saat tertentu saja, yaitu salah satunya pada saat kenduri sko dan pedang ini diperkirakan sudah berumur lebih kurang 1400 tahun.

Pedang pusaka ini sangatlah terkenal bila kita lihat dari sejarah Kerinci. Pedang ini merupakan sejarah hubungan baik dimasa lalu antara Kerinci dan Indrapura Sumbar, dan untuk menjadi lambang persahabatan antara Kerinci dan Inderapura, pusaka yang berupa pedang tersebut berada di Kerinci dan sarungnya di Indrapura.

Zainal Abidin, yang saat ini merupakan Wakil Bupati Kerinci saat dikonfirmasi koran ini menyebutkan bahwa dirinya merasa sangat berbangga dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan yang diberikan masyarakat Desa Pengasi karena telah memberikan kepercayaan yang begitu tinggi untuk mengangkat dan memamerkan dihadapan masyarakat luas salah satu senjata pusaka peninggalan Depati Biang Sari Pengasi.

"Saya sangat berterima kasih atas kepercayaan masyarakat dan orang adat Desa Pengasi yang telah mempercayai Saya untuk memegang dan mengangkat pedang pusaka kebanggaan masyarakat Kerinci ini yang merupakan warisan dari Depati Biang Sari". Ungkap Zainal terharu.

"ini merupakan penghargaan yang luar biasa bagi Saya". Kata Wabup lagi.

"Selanjutnya, dengan momen kenduri sko ini, Mari kita jadikan ini sebagai simbol persatuan dan kesatuan, sebagai penguat hubungan silaturrahmi antara sesama kita". Kata Zainal.

Sebelumnya, Wabup Zainal Abidin beserta Ibu Yanti Maria Susanti Zainal di arak berkeliling kampung oleh masyarakat setempat, ini merupakan simbol bahwa Zainal Abidin telah diangkat menjadi anak jantan Desa Pengasi, dan harapan masyarakat tentunya sebagai anak jantan sudah menjadi tanggung jawabnya untuk memperhatikan dan memperjuangkan pembangunan di Desa Pengasi Kecamatan Bukit Kerman dan Kerinci pada umumnya sehingga tercapai apa yang dicita-citakan masyarakat yaitu kehidupan yang sejahtera dan pembangunan yang merata. (adz/afr)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net