Headlines News :

Terabaikan, Kantor Lembaga Adat Tebo Bakal Diperbaiki Tahun Ini

MerdekaPost | Kamis, 14 April 2016

Terabaikan, Kantor Lembaga Adat Tebo Bakal Diperbaiki Tahun Ini
Kantor Lembaga Adat Tebo Bakal Diperbaiki Tahun Ini
MUARATEBO - Kantor Lembaga Adat (KLA) Tebo sepertinya semakin hari semakin rusak parah. Dan hal inipun jelas harus ada tindakan dari pihak terkait agar KLA tersebut bisa baik dan dapat difungsikan sebagai mana mestinya.

Peltu Sekda Tebo, H. Harmain terkait KLA saat dikonfirmasi wartawan Menyebutkan bahwa untuk lembaga adat menurut perencanaan akan diperbaiki tahun ini. Namun untuk tahap pelaksanaan dan jumlah anggaran yang akan digelontorkan itu urusan bagian Ekbang.

"Dengan keadaan Kantor lembaga adat saat ini, rencananya akan diperbaiki tahun ini. Dan untuk proses perbaikan tekhnisnya dikembalikan kepada bagian Ekbang," sebut H. Harmain.

Untuk kedepannya apabila KLA sudah diperbaiki, Harmain membeberkan bahwa kepengurusan gedung akan dikembalikan ke lembaga adat karena untuk kantor itu sendiri memang lembaga adat lah yang memiliki kuasa penuh untuk mengurusnya, bukan intansi lain karena kantor tersebut dibuat memang untuk lembaga Adat.

"Apabila sudah diperbaiki, untuk kepengurusan akan diurus oleh lembaga adat Tebo," jelasnya.

Saat disinggung seberapa yakin lembaga adat akan mengurus KLA setelah dilihat selama beberapa tahun belakangan ini dari lembaga Adat sendiri tidak melakukan tindakan untuk mengurus KLA, Harmain menegaskan bahwa hal tersebut seharusnya memang diurus oleh lembaga adat. Namun dalam beberapa waktu belakangan ini, kenapa lembaga adat sendiri tidak melakukan aktifitas di KLA dikarenakan keadaan kantor yang memang sudah banyak rusak.

"Apabila KLA tidak diurus oleh lembaga adat, jelas kita akan lakukan koordinasi," tegasnya.

Terpisah, mengenai permasalahan proses perbaikan dan anggaran yang akan digelontorkan kepada KLA, Kabag Ekbang pemkab Tebo, Hendry Nora memaparkan bahwasanya hal tersebut masih dalam tahapan perencanaan yang rencananya akan diadakan tahun ini.

"Insya Allah perbaikan KLA akan dilaksanakan pada tahun ini, tapi untuk pelaksanaannya pun masih menunggu tahapan proses lelang selesai baru bisa diketahui kapan perbaikan KLA akan dilaksanakan," jelasnya.

"Dan untuk perencanaan anggaran perbaikan KLA pada saat ini sudah ada, tapi untuk jumlah pastinya saya lupa," jelasnya lagi.

Pantauan dilapangan, mengenai keadaan bagian KLA kabupaten Tebo yang terkesan tidak layak untuk dikatakan sebagai kantor, terdapat beberapa bagian Plafon yang rusak berat dan sebagian ada juga yang hilang, beberapa ruangan KLA yang tergenang air, lantai banyak berlumut, banyak jendela kaca yang pecah, dinding penuh coretan dan beberapa pintu yang rusak dan sudah jebol. (ald/TO/pri)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net