Headlines News :

Pilkada Serentak Gelombang Dua 15 Februari 2017, Termasuk Pilgub DKI

MerdekaPost | Rabu, 24 Februari 2016

Pilkada Serentak Gelombang Dua 15 Februari 2017, Termasuk Pilgub DKI

Merdeka.com - Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah gelombang kedua akan dilaksanakan pada Rabu, 15 Februari 2017. Ada 101 daerah yang mengikuti Pilkada mendatang dengan rincian tujuh provinsi, 18 kota dan 76 kabupaten.

"Kami menetapkan acuan untuk Pilkada tahun 2017 jadi Pilkada kedua dalam periode sekarang, dengan pemungutan suaranya dilakukan pada 15 Februari tahun 2017 yang bertepatan dengan hari Rabu dan ini telah kami diskusikan mendalam dan kami himpun sedalam mungkin terhadap tanggal ini agar tidak bersinggungan dengan hari perayaan hari keagamaan, kenegaraan maupun hari kegiatan kebudayaan di seluruh daerah," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Malik dalam Launching Penetapan Hari dan Tanggal Pelaksanaan Pilkada 2017 di Hotel Aryaduta, Tugu Tani, Jakarta, Senin (15/2).

Penetapan tanggal dan hari pelaksanaan Pilkada 2017 ini bukan secara langsung. Dituturkan Husni, penetapan sudah melalui pembahasan yang cukup alot dengan mempertimbangkan berbagai hal seperti pertimbangan perayaan keagamaan, perayaan hari kenegaraan atau perayaan kebudayaan.

"Itu pada internal KPU kab/kota yang beri masukan. Dari provinsi mereka menyampaikan bahwa tanggal 8 Februari terlalu dekat dengan hari perayaan keagamaan di tanah Indonesia seperti di Papua dan Papua Barat, di mana mereka melaksanakan perayaan turunnya injil. Biasanya perayaan itu 5 hari kemungkinan juga tidak efektif," jelas Husni.

Adapun tujuh provinsi yang akan melaksanakan Pilkada di tahun 2017 nanti yaitu, Provinsi Aceh, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat dan Papua Barat. Untuk delapan belas kotanya yaitu, Kota Banda Aceh, Lhokseumawe, Langsa, Sabang, Tebing Tinggi, Payakumbuh, Pekanbaru, Cimahi, Tasikmalaya, Salatiga, Yogyakarta, Batu, Kupang, Singkawang, Kendari, Ambon, Jayapura dan Sorong.

Dari tujuh provinsi itu, Provinsi Banda Aceh merupakan provinsi paling besar dengan jumlah kabupaten terbanyak dalam Pilkada mendatang. Kabupaten yang dimaksud di antaranya Aceh Besar, Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Jaya, Aceh Singkil, Aceh Barat, Aceh Raya, Aceh Tengah, Aceh Tamiang.

"Catatan kita untuk keserentakan Provinsi Aceh jadi provinsi paling besar menyelenggarakan pilkada," tandas dia.


(ald/merdeka.com)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net