Headlines News :

Rio Haryanto Jadi Harapan Kemenpora Bawa F1 ke Indonesia

MerdekaPost | Minggu, 24 Januari 2016

Rio Haryanto Jadi Harapan Kemenpora Bawa F1 ke Indonesia
Rio Haryanto dan Kemenpora H Imam Nahrawi

Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus berusaha mengupayakan agar pembalap muda Indonesia, Rio Haryanto mampu tampil di balapan mobil Formula 1. Hingga saat ini, pembalap 22 tahun tersebut belum juga mendapat kepastian tampil di lomba jet darat itu.

Tidak mudah bagi Rio untuk tampil di balapan F1. Meski sudah memiliki segudang pengalaman di ajang balapan single seater, Rio tidak otomatis mendapat kesempatan tampil pada Formula 1. Lebih dari itu, Rio perlu menyiapkan uang yang tidak sedikit untuk mendapat slot pada balapan tersebut.

Tim Manor Marussia F1 telah menyediakan satu tempat bagi Rio. Namun syaratnya, Rio harus membayar sebesar 15 juta euro (Rp 225 miliar). Hingga saat ini, Rio dan timnya masih berusaha mengumpulkan dana dari berbagai pihak untuk memenuhi syarat yang diajukan tim Rusia itu. 

"Kepada Rio Haryanto kami terus berusaha sekuat tenaga agar Rio tetap masuk ke Formula 1. Ini menjadi sejarah anak negeri untuk bisa bergabung di Formula 1, Insyaallah dengan itu kita bisa menyelenggarakan F1 di Indonesia," kata Menpora, Imam Nahrawi kepada wartawan dalam diskusi Refleksi Akhir Tahun dan Realisasi APBN 2015 di Media Center Kemenpora, Jakarta, Senin (28/12). 

Sebelumnya, pihak Kemenpora telah berhasil mengupayakan agar Tim Manor Marussia bersedia mengurangi uang muka (DP) slot untuk Rio. Dengan demikian, Rio tidak perlu membayar sebesar 40 persen atau  (5 juta euro) untuk  pembayaran pertama, melainkan hanya sebesar 3 juta euro saja.

Sejauh ini, Rio baru mengumpulkan dana sebesar 5 juta euro dari PT Pertamina (Persero). Untuk mencari kekurangan dana Imam telah meminta bantuan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kemenpora juga sudah mengeluarkan surat jaminan kepada Manor agar Rio dapat berlaga di F1. (LIPUTAN6)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net