Headlines News :

Cawako HM dan Istri Dialog dengan Pengrajin Kota Sungai Penuh

MerdekaPost | Sabtu, 26 September 2015

Cawako HM dan Istri Dialog dengan Pengrajin Kota Sungai Penuh
Cawako Herman Muchtar dan Hj. Titi Wiarti Herman tatap muka dan dialog bersama para ibu-ibu pengrajin Kota Sungai Penuh (doc/bvj)




Sungai Penuh - Diluar perkiraan  lebih  175 orang perwakilan  pengrajin ekonomi kreatif dan pengrajin  aneka makanan dari 8 Kecamatan  Dalam Kota Sungai Penuh, para pengrajin ekonomi kreatif yang hadir antara lain pengrajin batik, pengrajin anyaman, pengrajin batik ,pengrajin produk industri rumaha tangga. Sedangkan  pengrajin  aneka makanan yang hadir antara lain pengrajin makanan ringan  kacang kacangan, umbi umbian dan pengrajin Jagung da, industri pengolahan  rumah tangga  Jamu Gendongan.

Pengamatan wartawan  media ini,  setengah jam sebelum acara  silaturahmi dan temu dialog ekonomi kreatif bersama calon Wali Kota  H.Herman Muchtar  dan Ibu Hj.Titi Wiarsi  Herman Muchtar berlansung hangat penuh rasa kekeluargaaan.
            Sementara itu Hj Titi Wiarsi Herman dalam sambutannya  mengemukakan, segenap keluarga H.Herman Muchtar baik istri maupun anak anak dan seluruh keluarga besar beliau  memberikan dukungan moral secara  penuh kepada Bapak Herman Muchtar untuk membenahi negeri bersama masyarakat Kota Sungai Penuh.
            Bicara  mengenal  usaha, Hj Titi Wiarsi  mengemukakan dalam mengola  perusahaan  para pengrajin harus  bisa  membedakan antara  keuangan rumah tangga dan keuangan perusahaan,  selain itu para pengrajin harus mampu  membuat inovasi inovasi yang baru sehingga menarik .

Dalam  mengembangkan usaha setiap para usahawan  terutama industri kecil harus  menanamkan sifat kejujuran  dan disiplin, tanpa adanya sifat kejujuran dan disiplin yang kuat maka usaha yang kita kembangkan  tidak akan  berkembang”Kata Titi Wiarti,SE,Ak 

Sejumlah pengrajin  mengharapkan  jika pak Herman Muctar terpilih menjadi Wali Kota Sungai Penuh agar mewujudkan janji janji untuk  membina  para pengrajin yang selama ini berjalan di tempat
            Para pengrajin selama ini tidak memiliki show room untuk memamerkan hasil produk, memang dulu pernah ada janji manis, akan membuka show room, tapi janji demi janji itu tidak pernah terwujud, selain itu pembinaan terhadap pengrajin dan pemberian bantuan stimuland sekilas seperti iklan mobil panther’Nyaris tidak terdengar. Memang ada pembinaan dan bantuan, akan tetai pembinaan yang dilakukan masih bersifat setengah hati.

Kami  minta agar jika  Bapak Herman Muchtar terpilih agar benar benar serius dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan, sebab  belakangan ini perhatian terhadap pembangunan kewirausahawan atau entrepreneour  masih jauh dari yang diharapkan
           
 “Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia,” begitulah kata Presiden Pertama RI, Ir.Soekarno. Hal tersebut dapat diartikan dengan semangat dan keinginan bergotong royong kita dapat membuat perubahan besar

Herman Muchtar,SE,MM pengusaha Perhotelan dan pembina sejumlah pengrajin di Bandung-Jawa Barat  mengemukakan membangun UMKM sebenarnya tidak memerlukan APBN. Dengan semangat gotong royong para pelaku usaha kita dapat mengembangkan UMKM dengan cepat.

Mengutip  hasil wawancara  wartawan media ini dengan  Budi Isman,MA  pada intinya   mengemukakan  bahwa konsep gotong royong dalam membangun UMKM ini sudah diterapkan sejak tahun 2010 dan hasilnya cukup memuaskan. Sudah ada ribuan UMKM yang terbantu dan berkembang cukup pesat. Gerakan Oneintwenty memiliki filosofi learn – success and share yang bearti belajar sukses dan berbagi bersama.

Apa itu Oneintwenty?
Oneintwenty adalah sebuah gerakan nasional wirausaha yang murni dilakukan oleh para relawan wirausaha Indonesia. Dengan menggunakan filosofi Learn – Success –Share, gerakan ini mencoba memberdayakan pelaku usaha untuk mau belajar dan berbagi. Gerakan nasional Oneintwenty memiliki dua tujuan besar yaitu menciptakan dan mengembangkan UMKM.

“Sebenernya pekerjaan rumah kita para penggerak wirausaha hanya ada dua yaitu menciptakan pelaku usaha baru dan mengembangkan pelaku usaha yang sudah ada

Untuk menciptakan wirausaha baru, oneintwenty memiliki “arti satu dari dua puluh” yaitu setiap 1 orang dari 20 orang di Indonesia harus menjadi wirausaha. Dan hal ini sangat serius ditargetkan terlihat dengan program yang sudah berjalan. “Melaui oneintwenty, 1 orang dari 20 orang lulusan perguruan tinggi di Indonesia harus menjadi wirausaha. Dengan ini maka jumlah wirausaha di Indonesia akan berjumlah sekurang-kurangnya 5%. Dan melalui gerakan ini hal tersebut ditargetkan akan tercapai pada tahun 2020

Guna mengembangkan wirausaha yang sudah ada, Oneintwenty memiliki arti mengembangkan 1 juta wirausaha naik kelas pada tahun 2020. Saat ini jumlah wirausaha di Indonesia mencapai sekitar 56,5 juta dan 99,8 persennya adalah usaha mikro dan informal. Untuk itu dalam gerakan ini dibuat program UMKM naik kelas yaitu dengan menargetkan usaha mikro naik kelas menjasdi usaha kecil, usaha kecil meningkat menjadi usaha menengan dan menegan bisa menjadi besar.

Gerakan nasional Oneintwenty sudah memetakan beberapa kendala yang dihadapi UMKM Indonesia yang berpotensi menghambat perkembangan UMKM. Beberapa kendala yang sudah dipetakan diantaranya: pengetahuan, pasar, modal, teknologi, legal dan paten, serta jaringan.

Hasil dialog pengrajin dengan  Calon Wali Kota Sungai Penuh dan Ibu Hj.Titi Wiarti berlansung dalam suasana yang hangat, para pengrajin  berharap agar jika Herman Muchtar terpilih  menjadi Wali Kota Sungai Penuh agar  berlaku adil terhadap dengan semua pengrajin, jangan ada pilih kasih.Wali Kota terpilih adalah milik  semua masyarakat

Yang ada di Kota Sungai Penuh,  bukan milik sekelompok orang atau pengrajin, dengan demikian bila nantinya  Bapak menjadi Wali Kota  harus  menata ulang  sistim dan manajemen pembinaan yang selama ini terkesan   pembinaan pengrajin dilakukan sekedar pelengkap pendirian alias tak sampai keujung ungkap salah seorang pengrajin aneka makanan dari Kecamatan Sungai Bungkal dan Hamparan Rawang. (Bj/aditya)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net