Headlines News :

Tips Menyenangkan Liburan di Kampung Halaman

MerdekaPost | Kamis, 09 Juli 2015

Tips Liburan di Kampung Halaman
Jakarta - Libur Lebaran akan segera tiba. Tak sedikit traveler yang sepertinya sudah merencanakan untuk mudik sekaligus liburan di kampung halaman. Agar liburan kali ini lebih menyenangkan, simak dulu tips berikut ini.

Ada beberapa hal yang harus dicek sebelum mulai liburan. Dari jalur alternatif untuk menghindari macet, hingga jadwal operasional berbagai tempat wisata. Berikut 7 tips liburan di kampung halaman:

1. Pulang lebih awal agar tak kena macet

Momen libur Lebaran biasanya dimanfaatkan sebagian besar warga Indonesia untuk pulang kampung. Jalanan pun akan dipenuhi para pemudik, apalagi jika semakin dekat dengan Lebaran misalnya H-3. Oleh karena itu sebaiknya Anda pulang lebih awal sebelum arus mudik mulai menampakkan kepadatannya.

Jika punya jatah cuti, manfaatkanlah beberapa hari agar bisa pulang lebih cepat. Jangan lupa untuk segera pesan tiket sebelum semua kursi di berbagai alat transportasi penuh oleh pemudik lainnya.

2. Cari tahu objek wisata baru di kampung halaman

Banyak hal yang bisa dilakukan ketika pulang ke kampung halaman, termasuk jalan-jalan ke berbagai tempat wisata bareng keluarga atau teman lama. Supaya waktu liburan lebih efektif, cari tahu dulu objek wisata apa yang menarik dan apakah ada tempat baru yang sayang dilewatkan.
Walaupun daerah tersebut adalah kampung halaman sendiri, mungkin saja ada tempat wisata yang luput dari perhatian. Selain browsing artikel seperti detikTravel, Anda juga bisa bertanya kepada teman yang tinggal di kampung mengenai objek wisata baru apa yang bisa bikin liburan tambah seru.

3. Cek jalur alternatif di sekitar kampung halaman

Saat Lebaran, banyak orang yang seakan berbondong-bondong pulang kampung. Lalu lintas di kampung halaman pun penuh sesak, padahal kita mau liburan ke objek wisata di sekitar kota. Sebelum berangkat, pastikan Anda mencari informasi jalan alternatif yang bisa dilalui. Hal ini bisa mengindari Anda dari macet berkepanjangan dan meminimalisir waktu perjalanan.

4. Cek jadwal operasional destinasi wisata

Saat Lebaran tiba, tidak sedikit tempat wisata yang mengubah jam operasionalnnya atau malah tidak buka sama sekali. Tentunya tidak asyik bila sudah jauh-jauh datang tapi malah tiba bisa masuk. Oleh karena itu cek dulu jam buka dan tutup objek wisata tujuan sebelum berangkat.

Informasi mengenai jadwal operasional suatu tempat wisata bisa dilihat di situs resminya masing-masing. Anda juga bisa mencari nomor telepon tempat wisata tersebut untuk mengkonfirmasi jadwal operasional.

5. Berangkat sepagi mungkin ke tempat wisata
Jika sudah mengetahui jam buka suatu tempat wisata, datanglah sepagi mungkin. Di momen libur Lebaran biasanya tempat wisata yang buka akan dibanjiri pengunjung. Jadi agar Anda bisa menikmati tempat wisata sejak suasana masih sepi, cobalah untuk tiba tepat setelah objek wisata tujuan dibuka.

6. Sedia uang tunai

Uang tunai sangat penting untuk dibawa saat libur Lebaran. Ini berguna untuk mempermudah transaksi di loket tiket tempat wisata. Bayar tiket masuk dengan uang tunai apalagi yang jumlahnya pas, bisa mempercepat waktu pembayaran. Selain itu, tidak semua tempat wisata menerima pembayaran dengan kartu debit atau kartu kredit.

7. Belanja oleh-oleh sesuai kebutuhan

Belanja oleh-oleh dari kampung halaman memang menyenangkan. Tapi jangan sampai kalap dan belanja terlalu banyak. Selain pengeluaran jadi lebih besar, Anda juga bisa kerepotan saat membawanya pulang dari kampung halaman.

BACA JUGA
Dodol Kentang, Oleh-oleh Khas Kerinci
Mulus Lembut Lapis Legit Gulung Asal Jambi
Kayu Manis Sebagai Pengharum Masakan
Gurihnya Martabak Jambi dan Segarnya Es Kacang Merah
Strategi Wisata Jambi
Mengenal Budaya di Museum Negeri Jambi
Wisata Belanja di Jambi

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net