Headlines News :

Kantor ala Google Tingkatkan Produktivitas?

MerdekaPost | Selasa, 25 Maret 2014

kantor google
Kantor baru google di tel aviv

Mampu meningkatkan produktivitas 12 persen.

Merdekapost - Nuansa dan lingkungan pekerjaan yang menyenangkan dapat mendorong pekerja makin produktif. Temuan ini disampaikan oleh peneliti University of Warwick dalam Journal of Labor Economics. 

Disebutkan jika pekerja merasa bahagia dalam bekerja, maka pekerja akan lebih produktif 12 persen.

"Kekuatan pendorong itu tampak pada pekerja lebih bahagia menggunakan waktu mereka lebih efektif, meningkatkan kecepatan yang mana mereka dapat bekerja tanpa mengorbankan kualitas," kata Dr Daniel Sgroi, peneliti Departemen Ekonomi Universitas Warwick, yang merupakan salah satu pemimpin studi.

Peneliti mengklaim, studi ini merupakan bukti kausal pertama dengan percobaan acak dan tingkat kerja sebagian. Studi dengan model ini mencoba menunjukkan kebahagiaan pekerja penting dalam menciptakan kualitas pekerjaan. 

Dalam menjalankan studi ini, peneliti melibatkan lebih dari 700 peserta. Sepanjang ujicoba, pekerja ditunjukkan sebuah klip video komedi atau diberikan cokelat, minuman dan buah-buahan gratis. 

Peneliti juga menanyai seputar kedukaan di lingkungan keluarga masing-masing. Cara ini untuk menilai sejauh mana tingkat kebahagiaan yang rendah berpengaruh pada rendahnya tingkat produktivitas kerja. 

"Beberapa perusahaan mengatakan mereka peduli dengan kesejahteraan dan kebahagiaan karyawan mereka. Tapi apakah itu hanya klaim berlebihan mereka atau akal-akalan mereka saja?" kata Dr Eugenio Proto.

Proto menegaskan studi ini telah membuktikan pola yang sama muncul pada empat percobaan yang berbeda. 

"Penelitian ini akan memberikan beberapa panduan bagi manajemen dalam semua jenis organisasi, mereka harus berusaha membuat tempat kerja yang sehat secara emosional untuk karyawan mereka," kata dia. 

Contoh Google

Sebagai gambaran lingkungan kerja yang mendukung produktivitas, peneliti mereferensikan format lingkungan kerja Google. Menurut peneliti, Google benar-benar tahu bagaimana melecut produktivitas karyawannya. 

Google memberikan lingkungan kerja yang nyaman, misalnya menyediakan arena bersantai, game seru, fasilitas laundry sampai membolehkan karyawannya tidur siang. Bukan itu saja, Google juga menyediakan makan gratis, bus hingga gym bagi karyawannya. 

"Perusahaan seperti Google telah berinvestasi lebih banyak dalam dukungan dan kepuasan karyawan yang akhirnya meningkatkan hasil," jelas Profesor Andrew Oswald.

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net