Headlines News :

Teh-teh Sehat yang Bisa Bantu Orang Berhenti Merokok

MerdekaPost | Jumat, 28 Februari 2014

Merdekapost, Jakarta, Merokok adalah kebiasaan yang sulit dihentikan, terlebih ada efek balikan yang bisa menyengsarakan perokok yang ingin berhenti. Hingga kini belum ada obat ajaib yang bisa membantu orang berhenti merokok, tapi ada beberapa alternatif yang dapat membantu meringankan gejala efek balikan.

Berhenti merokok bukanlah hal yang mudah. Tembakau sebagai bahan utama rokok mengandung nikotin, yang bisa sangat adiktif seperti heroin. Ketika perokok mencoba untuk berhenti, gejala efek balikan (withdrawal) juga dapat mempersulit, bahkan membuat usahanya untuk 'tobat rokok' gagal total.

Tapi beberapa teh dipercaya dapat membantu meringankan gejala efek balikan, sehingga usaha perokok untuk berhenti bisa lebih mudah. Berikut beberapa teh yang dapat membantu Anda berhenti merokok, seperti dikutip dari Livestrong, Jumat (28/2/2014):

1. Teh mimosa

Mimosa, tanaman perdu yang tumbuh sepanjang tahun di Meksiko atau Brasil, dapat digunakan sebagai teh dan menawarkan rasa tenang dan santai kepada orang yang menyeruputnya. Karena perokok sering mengalami kecemasan, depresi, dan sakit kepala ketika ia berhenti, secangkir teh mimosa yang kuat dapat menawarkan bantuan sementara.

2. Teh chamomile dan skullcap

Teh chamomile dan skullcap terkenal untuk mengurangi kecemasan dan ketegangan saraf. Kedua teh ini tidak hanya membantu menenangkan saraf, tetapi menurut Penelope Sach, penulis 'Healing and Cleansing With Herbal Tea', dua teh tersebut dapat membantu mengurangi rasa lapar


3. Teh lobelia (tembakau India)

Lobelia, yang juga dikenal sebagai tembakau India, adalah ramuan yang kontroversial. Brigitte Mars, penulis 'Addiction-Free-Naturally', menulis bahwa lobelia dapat bertindak sebagai ekspektoran yang membantu membersihkan paru-paru. Herbal ini juga dapat menjadi relaksan yang menenangkan dan meredakan ketegangan otot.

Tapi ramuan lobelia dapat menghasilkan efek yang sama seperti nikotin di otak, bedanya herbal ini tidak adiktif. Lobelia harus digunakan dengan hati-hati, karena penggunaan berlebihan dapat menyebabkan muntah, mengantuk, dan denyut nadi lemah.

4. Teh hijau dan melati

Teh hijau dan melati diyakini dapat menenangkan saraf dan membantu Anda bersantai. Lebih penting lagi, teh-teh sehat ini dapat bertindak sebagai antioksidan, yang membantu melawan peningkatan kadar radikal bebas yang diciptakan rokok. Teh ini juga dianggap sebagai teh detoksifikasi yang dapat membantu menghilangkan banyak racun yang berkontribusi terhadap keinginan untuk tembakau.

 

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net