Headlines News :

Mata Kering Karena Terlalu Lama di Dalam Kantor? Ini Cara Mengatasinya

MerdekaPost | Selasa, 30 Juli 2013

Sebagai pekerja kantoran yang sering berada di dalam ruangan, risiko mata kering sangat mungkin terjadi. Kondisi ini muncul akibat terlalu banyak terkena angin dari pendingin ruangan dan terlalu lama bekerja di depan layar komputer. Bagaimanakah cara mengatasinya?

Berdasarkan studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Cornea, mata kering saat sedang bekerja di kantor bahkan dapat mempengaruhi suasana hati Anda. Oleh karena itu, ada baiknya untuk segera mengatasi kondisi ini jika Anda mengalaminya, seperti dilansir Womens Health Mag, Jumat (26/7/2013).

Dalam studi ini, para peneliti menguji produksi air mata dari 12 orang dewasa sehat. Mereka dikaji dalam dua lingkungan yang berbeda. Kelompok pertama berada di lingkungan dengan tingkat kelembaban 40 persen; sedangkan kelompok kedua berada di lingkungan dengan tingkat kelembaban 5 persen. Lingkungan pada kelompok kedua dirancang untuk meniru kabin pesawat dan ruang kantor ber-AC. Dalam waktu satu jam, peserta di lingkungan kedua lebih banyak yang mengalami mata kering dan gatal.

"Gejala lain dari sindrom mata kering antara lain iritasi, rasa terbakar, mata merah, penglihatan kabur, dan perasaan seperti ada sesuatu yang bersarang di mata Anda. Jika tidak diobati, sindrom ini dapat menyebabkan infeksi mata dan kornea jaringan parut," papar Christopher Gelston, MD, asisten profesor di University of departemen oftalmologi University of Colorado-Denver.

Hembusan angin AC seringkali dijadikan penyebab sindrom mata kering jika Anda bekerja di kantor sepanjang hari. Mengapa demikian? Sebab ketika udara bersirkulasi melalui ventilasi atau kipas langit-langit, hal tersebut akan membuat air mata menguap lebih cepat.

Selain itu, penggunaan teknologi juga akan memperparah masalah, misalnya menatap komputer atau layar smartphone. Menatap layar terlalu lama cenderung membuat Anda berkedip lebih sedikit, yang berarti air mata akan mengering lebih cepat.

Ingin menjaga mata Anda tetap lembab atau menghentikan gatal yang sudah melanda? Cobalah lakukan beberapa trik ini:

1. Makan siang di luar ruang kantor

Manfaatkan waktu istirahat makan siang untuk keluar dari ruangan kantor yang ber-AC. Kelembaban yang cukup tinggi akan menenangkan permukaan mata Anda dan memungkinkan air mata datang kembali.

2. Istirahat sejenak dari layar komputer

Jika Anda harus menghabiskan waktu yang lama di komputer, Gelston menyarankan untuk berhenti sejenak dan mengarahkan pandangan Anda dari waktu ke waktu sehingga Anda secara otomatis akan berkedip lebih banyak. Contoh lain, cobalah untuk menulis catatan dengan tangan lebih sering.

3. Tidak terlalu sering memeriksa handphone

Saat beristirahat, cobalah untuk tidak langsung mengecek handphone sebab hal tersebut hanya meningkatkan jumlah waktu yang Anda habiskan untuk membuat mata semakin lelah.

4. Lepas lensa kontak

Menurut Gelston, lensa kontak membuat sindrom mata kering lebih buruk. Lensa pada dasarnya mengapung pada kelembaban mata, sehingga ketika kelembaban mata kurang, mereka menciptakan gesekan dan iritasi. Gelston menyarankan untuk hanya menggunakan lensa kontak dalam jangka waktu yang lebih singkat.

5. Berikan pengobatan

Obat tetes mata dapat membantu menyembuhkan mata Anda sementara. Namun jika Anda menggunakannya lebih dari empat kali sehari dan masih merasa tidak nyaman, mungkin ada sesuatu yang lain di belakang mata kering Anda. Misalnya yang berhubungan dengan masalah kesehatan lain. jangan ragu untuk mengecek ke dokter spesialis mata untuk mendapatkan resep obat tetes mata lain yang bisa membantu.

(ald)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net