Headlines News :

Tebo Kekurangan Puluhan TPS

MerdekaPost | Rabu, 19 Juni 2013

MUARATEBO - Persoalan sampah yang ada di Kabupaten Tebo sepertinya sulit untuk diatasi pasalnya hingga saat ini Kabupaten Tebo masih banyak kekurangan  Tempat Pembuangan Sampah (TPS) hal tersebut dikatakan Benyamin Kasi Angkutan Sampah di Dinas Kebersihan dan Pengelolaan Pasar. 

Dikatakannya, Saat ini Kabupaten Tebo hanya memiliki 27 Unit TPS dan hal tersebut dinilai masih sangat kurang untuk ukuran Kabupaten.

" Saat ini 27 unit TPS tersebut 21 diantaranya ada di Kecamatan Tebo Tengah, 3 di Kecaman Rimbo Bujang, 1 di Kecamatan Tebo Ilir, 1 di Kecamatan Tebo Ulu, dan 1 di Kecamatan Rimbo Ilir, sementara 7 Kecamatan lainnya tidak memiliki satu pun TPS " papar Benyamin 

Idealnya satu kabupaten  memiliki TPS sekitar 100 unit sayangnya saat ini setengahnya saja belum ada.

" Selain kekurangan TPS ditambah lagi dengan minimnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya,  ujung-ujungnya sampah menumpuk di tepi jalan" paparnya lagi.

Lanjutnya, karna dana untuk membangun TPS dari  Badan Lingkungan Hidup jadi banyak bangunan yang dibangun tidak pada tempat yang sesuai dan tanpa koordinasi dengan Dinas Pasar. Alhasil, TPS tersebut dihancurkan oleh warga karna menggangu warga sekitar

" Seperti yang terjadi di Kelurahan Pasar Muara Tebo yang dibongkar paksa oleh warga akibat TPS yang dibangun tidak sesuai tempatnya" jelasnya lagi

Sementara itu saat ditanya mengenai, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Benyamin menjelaskan saat ini kita memiliki 3 TPA yang berada di Kecamatan Tebo Ilir, Kecamatan Rimbo Bujang dan di Kecamatan Tebo Tengah.

" Saat ini kita memiliki 3 TPA dan hal tersebut sudah cukup untuk ukuran Kabupaten" tandasnya


Selain itu untuk mengatasi kekurang TPS tersebut benyamin mengatakan akan koordinasi ulang dengan Badan lingkungan Hidup.

" Bagi kecamatan yang belum memiliki TPS nantinya kami akan koordinasi lagi dengan Bandan Lingkungan hidup agar kebutuhan TPS dapat terpenuhi di Kecamatan yang belum memiliki" ungkapnya lagi.

Selain itu Bunyamin juga menghimbau kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya sehingga kita dapat melihat kota kita dengan bersih.

" Kita berharap kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya karna hal tersebut sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008, apabila masyarakat melanggar dengan sengaja akan di denda sebesar 100-200 juta" pungkasnya. (Ald)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net