Headlines News :

BPKP Tebo Tambah 25 Tenaga PPL

MerdekaPost | Senin, 03 Juni 2013

Foto (ilustrasi)
Muara Tebo – Untuk mengantisipasi kekurangan tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kabupaten Tebo, Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPKP) Kabupaten Tebo, menambah tenaga PPL sebanyak 25 orang dari swadaya yang didanai dari APBD dan 34 orang PPL dari Harian Lepas Tenaga Bantu (HLTB) yang didanai dari pusat. Hal itu diungkapkan oleh Amsiridin Kepala BPKP Kabupaten Tebo. 

Dikatakannya, penambahan 25 orang tenaga PPL tersebut dilakukan secara swadaya. Sedangkan honor para PPL itu dibayar dengan anggaran dana dari APBD yang sebelumnya sudah dianggarkan.

“ Sebenarnya mereka (PPL,red) tidak mendapat honor. Kita hanya menggantikan biaya transportasi mereka selama menjalankan tugas penyuluh,” terang Amsiridin.

Diterangkannya, 25 orang PPL tersebut saat ini sudah tersebar diseluruh kecamatan di Kabupaten Tebo. Diantaranya, 3 orang PPL di Kecamatan Tebo Tengah, 2 orang di Tebo Ulu, 1 orang di Tebo Ilir, 2 orang di Tengah Ilir, 2 orang di Muara Tabir, 3 orang di Sumay, 2 orang di Serai Serumpun, 2 orang di Rimbo Ulu, 2 orang di Rimbo Ilir, 2 orang di VII Koto, 2 orang di VII Koto Ilirdan 2 orang di Rimbo Bujang.

“ Rata-rata setiap kecamatan kita tempatkan 2 orang PPL, hanya di Kecamatan Tebo Tengah dan Sumay yang kita tepatkan 3 orang karena memang disama sangat membutuhkan tenaga PPL,” tuturnya.

Tidak hanya itu, lanjut Amsiridin, saat ini Kabupaten Tebo juga menambah 34 orang tenaga PPL HLTB yang didanai oleh pusat. Dalam artian, 34 orang tenaga PPL HLTB tersebut mendapat gaji dari pusat.

“ Gaji mereka dikirim langsung oleh orang pusat ke rekening masing-masing,” tuturnya.

Lanjutnya, meski sudah ada penambahan tenaga PLL 24 orang dari swadaya dan 34 orang dari pusat, namun kondisi Kabupaten Tebo saat ini masih kekurang tenaga PPL.

Sebab, menurutnya Amsiridin, dari 112 jumlah desa yang ada, semestinya Kabupaten Tebo memiliki 203 orang tenaga PPL. Dengan perincian, 112 orang PPL ditepatkan dimasing-masing desa, 5 orang PPL ditepatkan di masing-masing kecamatan dan 10 orang PPL di Kabupaten.

“ Jika dihitung dengan jumlah PPL yang ada saat ini, Kabupaten Tebo hanya memiliki 117 orang PPL diantara, 24 orang PPL dari swadaya, 34 orang PPL dari pusat dan ditambah 59 orang PPL. Jadi, Kabupaten Tebo masih kekurangan sekitar 86 orang PPL lagi,” ucap Amsiridin. 

(her/merdekapost.com)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net