Headlines News :

Demo May Day, 150 Ribu Buruh Kepung Jakarta

MerdekaPost | Rabu, 01 Mei 2013

Demo buruh

Sedikitnya ada 150 ribu buruh yang ikut meramaikan May Day.

Merdekapost.com - Ribuan buruh mulai ke luar dari kawasan industri Pulogadung sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu 1 Mei 2013. Merekamemenuhi Jalan Pemuda menuju arah Jakarta Pusat. Titik aksi akan di pusatkan di kawasan Istana Negara, depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), serta Kantor Kementerian Tenaga Kerja.

Pantauan wartawan, barisan terdepan sudah sampai depan Mal Arion, Jakarta Timur. Sementara massa masih mengular sepanjang jalan Pemuda dan "ekornya" belum keluar sepenuhnya dari dalam kawasan industri. 

Iring-iringan motor dan bus buruh dengan atribut serikat pekerja dikawal polisi. Meski telah dikawal, iring-iringan itu sempat memacetkan kawasan Arion, sebab mereka memakan seluruh badan jalan termasuk jalur bus Trans Jakarta.

Sepanjang Jalan Pemuda, tiap perempatan dan pertigaan yang terdapat lampu rambu-rambu lalu lintas dijaga aparat kepolisian.

Selain massa buruh yang telah tergabung dalam longmarch itu, di depan TU Gas juga masih terdapat kumpulan buruh yang masih bersiap-siap. Mereka tengah berkonsolidasi. Nantinya akan bergabung dengan buruh di Bundaran HI. 

Lalu lintas sepanjang Jalan Pemuda, kembali normal usai iring-iringan buruh melintas. 

Di kawasan Pondok Ungu, Bekasi pantauan wartawan, sejumlah pabrik menghentikan operasional untuk memberi kesempatan kepada buruhnya memperingati Hari Buruh. Lapangan parkir yang biasanya dipenuhi ribuan sepeda motor milik buruh terlihat kosong. Tampak aparat kepolisian dan TNI berjaga-jaga.

Ratusan buruh di luar pabrik terlihat mulai konvoi menuju Jakarta. Di Bekasi sendiri, sebagian buruh menggelar dzikir akbar yang dipimpin Arifin Ilham. Aksi doa dan dzikir bersama ini dipusatkan di PT Sowa. (cho)

May Day, 10 Kendaraan Lapis Baja Siaga di Depan Istana

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net