Headlines News :

Asal Usul Tren "Goyang aneh" Harlem Shake

MerdekaPost | Senin, 04 Maret 2013

Harlem Shake
Selalu ada tren baru di Youtube yang kemudian cepat mewabah ke segala penjuru dunia. Masih belum lekang di ingatan kita tarian kuda asal Korea Gangnam Style yang menjadi trend. Bahkan tarian khas di dalam video klip penyanyi asal Korea, Psy itu memecahkan rekor video youtube dengan penonton terbanyak. Saat tulisan ini dibuat jumlah penontonnya dudah semilyar lebih, tepatnya: 1,331,452,092.
Saking fenomenalnya Gangnam Style, youtube sampe membuat animasi Psy menari yang ditaruh di samping logo youtube. Bersamaan dengan popularitas video aslinya, wabah Gangnam Style juga membuat banyak orang atau kelompok membuat video sejenis dan mengunggahnya ke youtube. Di dunia yata, banyak orang yang ketularan wabah ini dengan menari kuda ala Gangnam Style, mulai dari selebritis, politisi, sampai olahragawan.
Setelah wabah Gangnam Style mulai mereda, kini muncul tren baru di youtube yang juga cepat mewabah seperti Gangnam Style. Tren baru ini juga berupa video tarian yang dikenal dengan: Harlem Shake. Kalo Gangnam Style berciri tarian kuda ala Psy, Harlem Shake berciri tarian sekelompok orang tiba-tiba menggila setelah ada penari bertopeng datang ke tempat mereka.
Harlem Shake sebenarnya merupakan judul lagu dari musisi elektronik Baauer. Lagu ini kemudian dibuat latar tarian gila yang kemudian populer dengan nama itu. Menurut blog Youtube-Trends tarian ini pertama kali dipopulerkan oleh video berjudul “Do The Harlem Shake”  yang berisi empat pria menari dengan kostum aneh. Namun pakem aksi Harlem Shake yang kemudian diikuti video lainnya dibuat oleh lima anak muda TheSunnyCoastSkate dengan video “The Harlem Shake”.
Video yang mulai muncul awal Februari ini kemudian mewabah ke mana-mana. Seperti bola salju, video itu membuat banyak orang membuat video serupa. Hanya dalam beberapa hari puluhan ribu video dengan tema serupa diunggah ke youtube. Lagu Harlem Shakenya Baauer pun kebanjiran download dan menempati tangga terata di iTunes Amerika Serikat dan negara lainnya.
Dengan mengetik kata kunci Harlem Shake di youtube kita akan menemukan banyak sekali varian video kocak Harlem Shake ini. Mulai dari buatan anak-anak sekolah di rungan kelas, sampai buatan tentara. Dari versi yang dibuat beberapa orang sampai yang dibuat dengan melibatkan banyak orang. Dari versi jalanan sampai versi kantoran. Semua tak luput dari wabah Harlem Shake ini.
Tak hanya di luar negeri saja, wabah ini juga menular sampai ke Indonesia. Banyak orang Indonesia ikutan membuat video Harlem Shake ini. Bahkan banyak versi kantoran juga, mulai dari kantor agensi sampai media online. Video Harlem Shake versi Indonesia bisa anda lihat dengan mengetik kata kunci “Harlem Shake Indonesia” di youtube. Di bawah tulisan ini saya cuplik beberapa di antaranya.
Wabah Harlem Shake masih terus berlanjut. Setiap hari muncul video Harlem Shake baru. Apakah ini akan mengalahkan rekor Gangnam Style? Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Namun untuk rekor sebuah video dengan penonton semilyar lebih tanpaknya susah. Sebab Harlem Shake tidak memiliki “video induk” seperti Gangnam Style (video klip resmi Psy). Bahkan mana video pertama Harlem Shake saja banyak yang tidak tahu. Namun secara wabah atau demamnya Harlem Shake sudah sedahsyat Gangnam Style, bahkan sudah menjadi tren pengganti Gangnam Style saat ini.
Bagaimana dengan anda, tertarik membuat video serupa?





Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net