Headlines News :

Tips Aman Naik Angkot Bagi Wanita

MerdekaPost | Selasa, 12 Februari 2013

Merdekapost.com - Beberapa tindakan kejahatan kerap terjadi di beberapa angkutan umum. Beberapa tindakan kejahatan tersebut, antara lain pencopetan, penjambretan, pemerkosaan dan lain sebagainya. Namun, sebagian besar yang menjadi korbannya adalah wanita. 

Agar tak menjadi sasaran berikutnya, Anda disarankan untuk lebih berhati-hati ketika sedang berada di dalam angkot atau kendaraan umum lainnya. Bisa jadi, tindakan kejahatan tersebut akibat ulah Anda sendiri. 

Dilansir Kompas.com, TMC Polda Metro Jaya memberikan cara agar Anda tak menjadi korban tindakan kejahatan saat berada di angkot: 

1. Mengenakan pakaian yang sopan 

Memakai pakaian yang sopan saat berada di angkot itu sangat penting Anda lakukan. Jangan mengenakan pakaian yang terbuka sehingga menjadi pusat perhatian banyak orang. Ketika memutuskan berpergian menggunakan angkot, alangkah baiknya mengenakan pakaian yang sopan saja dan tidak terlalu ketat. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi diri Anda sendiri dari berbagai tindakan kejahatan.

2. Hindari memperlihatkan barang berharga 

Jangan pernah memperlihatkan barang berharga saat di angkot, seperti mengenakan perhiasan berlebihan, memainkan ponsel, dan lain sebagainya. Hal tersebut jika Anda lakukan akan mengundang tindakan kejahatan, seperti penjambretan atau pencopetan. 

3. Selektif memilih angkot 

Agar tidak merugikan diri sendiri, Anda juga disarankan untuk selektif memilih angkot yang akan ditumpangi. Pilihlah angkot dengan kaca bening, sopir mengenakan seragam, ada kartu tanda pengenal, dan ada lampu di dalam angkotnya. Semenjak kasus pemerkosaan di angkot banyak terjadi, kini para sopir angkot diwajibkan mengenakan seragam dan memiliki kartu tanda pengenal. 

4. Pastikan mengetahui trayek dan tujuannya 

Sebelum menaiki angkot, alangkah baiknya memastikan nomor trayek dan tujuannya. Hal tersebut perlu Anda lakukan agar tidak tersesat dan merugikan diri Anda sendiri. 

5. Jangan tidur 

Saat berada di dalam angkutan umum, sebaiknya jangan tidur. Selain itu, hindari menerima makanan dan minuman dari orang yang tak dikenal atau baru dikenal. Tetap waspada juga terhadap penumpang lain jika ada tanda-tanda yang mencurigakan. Jika ada tanda-tanda mencurigakan, maka segera turunlah dari angkot tersebut.

 6. Mencatat nomor penting 

Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah mencatat nomor-nomor penting di selembar kertas atau ponsel. Catatlah beberapa nomor penting, seperti kantor polisi terdekat, orangtua, dan nomor penting lainnya. Jika ada tanda-tanda yang mencurigakan, maka Anda bisa langsung menghubunginya. 

7. Lebih waspada pada malam hari 

Jika Anda hendak menaiki angkot pada malam hari, sebaiknya jangan sendirian. Mintalah didampingi seorang teman saat naik angkot. 

Itulah cara aman naik angkot untuk wanita. Kasus yang baru-baru ini terjadi dalam angkot yaitu seorang mahasiswa yang loncat karena takut diculik, dirampok, dan diperkosa oleh si sopir karena dibawa ke alur jalan yang tak biasa dilewatinya

Jika Anda mendapati tindakan kejahatan atau kejadian di jalan, maka bisa segera melaporkan kepada kepolisian terdekat atau menghubungi TMC Polda Metro Jaya di nomor 021-5276001 atau SMS ke 1717.
Bagi para wanita yang sering naik angkot untuk menjalankan aktivitasnya, disarankan untuk lebih berhati-hati. 
(choe)


Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net