Headlines News :

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

MerdekaPost | Senin, 04 Februari 2013

Masih ingat foto bulu ketiak Eva Arnaz  yang fenomenal itu? Lepas dari apakah foto tersebut asli atau hasil editan, yang pasti di jaman sekarang orang mengidentikkan bulu ketiak dengan jorok dan tidak sedap dipandang, padahal salah satu definisi kecantikan adalah bersih, rapi dan putih. Dan itulah sebabnya banyak orang terutama wanita yang tidak menyukai jika ketiaknya berbulu sehingga melakukan banyak cara untuk menghilangkan bulu ketiaknya, mulai dengan cara mencabut, menggunting sampai dengan cara canggih yang mahal.
  
Sebenarnya bulu ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang wajar dan normal berada di ketiak. Bulu tersebut biasanya mulai tumbuh seiring dengan perkembangan tubuh manusia.

Ketika beranjak dewasa, pria dan wanita mulai mengalami perubahan hormon dan tubuh mulai ditumbuhi banyak jenis rambut, salah satunya adalah bulu ketiak.

Dan sebenarnya anda tidak perlu malu memiliki bulu ketiak yang lebat sebab bulu ketiak juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

Melindungi tubuh dari bakteri yang mudah muncul di ketiak.
Mengurangi bau keringat yang muncul
Sebagai daya tarik seksual.
Bagaimana Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Alami

Jika anda merasa tidak percaya diri dengan penampilan anda karena ingin mengenakan setelan baju yang memperlihatkan lengan seperti daster atau baju pesta, maka anda juga tidak perlu repot atau bingung sebab bulu ketiak bisa dihilangkan dengan mudah. Di artikel ini kita akan membahas beberapa tips cara menghilangkan bulu ketiak secara alami, yaitu :

I. Mencukur bulu ketiak

Anda bisa menghilangkan bulu pada ketiak dengan cara mencukur. Berikut ini langkah-langkah mencukur bulu ketiak yang aman dan tidak menyakitkan:

Angkat lengan dan periksalah daerah sekitar ketiak anda. Pastikan di ketiak anda tidak ada luka, bintik-bintik atau apapun yang sekiranya bisa menimbulkan rasa sakit saat anda mencukurnya.
Anda bisa memilih antara menggunakan sabun biasa atau krim khusus untuk mencukur. Keduanya baik dan boleh digunakan. Pastikan seluruh area diketiak anda telah basah terlebih dahulu dan gosokkan krim secara merata sebelum mulai mencukur.
Saat mencukur pastikan kulit ketiak anda dalam posisi yang ketat untuk memudahkan proses pencukuran dan supaya tidak timbul ruam-ruam bekas cukur.
Mulailah mencukur menggunakan pisau cukur atau silet dari titik paling bawah ketiak anda sampai atas. Lakukan berulang-ulang sampai ketiak anda bersih dan licin dari bulu.
Gunakan air hangat untuk membilas ketiak anda supaya tidak lengket saat dikeringkan.
Periksa ketiak anda apakah masih ada bulu atau rambut yang tersisa, ulang proses di atas jika masih ada.
Jika anda salah saat bercukur dan menimbulkan rasa nyeri di ketiak, keringkan dan oleskan dengan bedak bayi.
Pastikan pisau cukur yang anda gunakan bersih dan tajam. Silet yang tumpul biasanya menimbulkan sakit dan luka pada ketiak.

II. Gunakan krim khusus penghilang bulu ketiak

Jika anda takut menggunakan silet untuk menghilangkan bulu ketiak, anda bisa memilih metode yang sedikit lebih mahal yaitu krim penghilang bulu pada ketiak. Saat ini ada banyak jenis krim penghilang rambut, ikuti petunjuk penggunaannya karena masing-masing merk biasanya berbeda caranya.

Manfaat menggunakan metode ini adalah rambut pada ketiak akan tumbuh lebih lama ketimbang mencukur sebab krim ini akan menghancurkan rambut sampai di akar-akarnya. Tapi efek sampingnya adalah bisa menimbulkan iritasi pada kulit ketiak yang tipis.

III. Lakukan waxing pada ketiak

Metode waxing umum digunakan oleh kaum wanita untuk menghilangkan bulu pada tubuhnya termasuk di ketiak. Meskipun menimbulkan sakit saat digunakan tapi cara ini terbilang ampuh. Berikut ini beberapa langkah menghilangkan bulu ketiak menggunakan cara waxing (lilin):

Beli beberapa strip wax di toko atau apotik
Gosokkan strip tersebut ke tangan anda supaya hangat
Pasang strip tersebut di ketiak anda
Ratakan wax diketiak anda dengan hati-hati
Tarik strip tersebut dari ketiak anda
Cuci ketiak dengan air.
Saat melepas wax dari ketiak kemungkinan anda akan merasa sakit karena bulu tertarik dan lepas dari kulit, beberapa orang bahkan mengalami perdarahan, jadi lakukan cara ini dengan hati-hati.

IV. Metode laser dan elektronis

Cara ini termasuk mahal dan harus dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman. Umumnya pusat-pusat perawatan kecantikan menggunakan cara laser untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan. Cara kerjanya dengan mematikan sel-sel penumbuh rambut pada kulit lengan. Cara ini akan menghentikan pertumbuhan bulu secara permanen.

V. Metode alami Menghilangkan bulu ketiak

Jika anda ingin berhemat dan tidak ingin merasa sakit saat menghilangkan bulu diketiak anda, maka anda bisa menggunakan cara terakhir ini yaitu cara tradisional yang sudah umum digunakan oleh orang-orang dari jaman dulu. Caranya adalah campur dan haluskan merica 20 biji dengan kapur barus, kemudian rendam dengan minyak tanah. Oleskan campuran ini ke ketiak anda setiap malam menjelang tidur. Dalam waktu yang tidak begitu lama bulu dan rambut pada ketiak anda akan rontok dengan sendirinya.

Yang perlu anda ketahui adalah sebaiknya hindari menghilangkan bulu ketiak dengan cara dicabut atau waxing. Kecuali sudah sangat mengganggu lebih baik tidak usah memotong atau mencukur bulu ketiak karena bagaiamanapun bulu tersebut memiliki manfaat seperti disebutkan di atas.

Dan bahkan beberapa ahli kulit menyebutkan adanya bahaya mencukur bulu ketiak yaitu memperbesar pori-pori pada ketiak, menyebabkan bakteri mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan pada daerah tubuh disekitar ketiak, salah satunya adalah payudara pada wanita.  Demikian lima cara paling populer menghilangkan bulu pada ketiak. Silahkan anda pilih yang paling nyaman dan cocok buat anda. (HER)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net