Headlines News :

Pemkab Bungo Bakal Relokasi 40 KK SAD Jadi Satu Perkampungan

MerdekaPost | Rabu, 30 Januari 2013

MUARA BUNGO – Sebanyak 40 Kepala Keluarga (KK) Suku Anak Dalam (SAD) yang berada di Kabupaten Bungo direncanakan bakal disatukan dalam satu perkampungan yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Bungo.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Bungo, Tommy Usman, menyatakan 40 KK SAD tersebut telah siap untuk direlokasi ke perkampungan khusus untuk SAD.

“Sistemnya begini, kita akan menyediakan lahan bagi SAD, khususnya yang berada di Kabupaten Bungo ini. Dimana, lahan tersebut nantinya akan dibuat sebuah perkampungan, yang tidak hanya untuk tempat tinggal, namun juga sebagai mata pencaharian,” ujarnya, Rabu (29/1).

Menurutnya, untuk perkampungan SAD, pemerintah bakal menyediakan lahan seluas 5 hektar. Dimana, nantinya pemerintah akan membuatkan rumah dan membuatkan sebuah pendopo sebagai tempat belajar bagi SAD, baik mengenai budaya maupun mengenal huruf.

Tidak hanya itu, katanya pemerintah juga bakal menyediakan 30 hektar lahan, yang nantinya dipergunakan untuk menfasilitasi SAD dalam mencukupi kebutuhan ekonomi. Seperti halnya, areal perkebunan sayur, areal pemeliharaan ternak dan lain sebagainya.

Dengan hal tersebut, menurutnya SAD secara perlahan dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan bisa hidup mandiri. “Kalau bisa hidup mandiri, kan nantinya tidak ada lagi yang namanya SAD berkeliaran di pasar atau di kota, untuk meminta-minta uang,” katanya.

Untuk perkampungannya sendiri, direncanakan bakal ditempatkan di daerah Pelepat. Dimana, sebanyak 40 KK SAD yang berasal dari daerah Dwi Karya, Bukit Telago 11 KK, Rantel 4 KK, Bedaro, 4 KK, Tebora 2 KK, Limbur Lubuk Mengkuang 4 KK, akan ditempatkan di perkampungan tersebut tahun ini. (ald/metrojambi.com)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net