Headlines News :

Bupati Cek Lokasi Sengketa Lahan Petani dan PT LAJ

MerdekaPost | Kamis, 17 Januari 2013

Demo Petani  (SPI) tuntut hak-hak dasar petani dikembalikan
dan mereka meminta pencanutan izin PT LAJ
Pembebasan Lahan Butuh Waktu, 
Pemkab Tidak Punya Wewenang

MUARATEBO - Menindaklanjuti hasil pertemuan Bupati Tebo dengan perwakilan petani yang tergabung dalam Serikat Petani Indonesia (SPI) Cabang Tebo, dirumah dinas Bupati Tebo. Kamis (17/1) kemarin, Bupati Tebo bersama rombongan didampingi para petani langsung mengecek kelokasi yang berada di area PT. LAJ tersebut.

Pada kesempatan itu juga, Bupati langsung melihat patok perbatasan antara Jambi dan Riau yang kebetulan berada di lokasi tersebut.

“ Saya ingin memastikan kebenaran tentang apa yang dilaporan dan dituntut teman-teman kita," ujar Bupati Tebo, Sukandar dihadapan sejumlah wartawan kemarin.


Dikatakannya, jika dilihat dari kondisinya lokasi tersebut sudah tidak berbentuk hutan, namun sudah berbentuk pemukiman. Pasalnya, dilokasi tersebut sudah ada perumahan, pasar, sekolah, mesjid, gereja dan klinik kesehatan.

“ Dari hasil ini, dirinya akan buat laporan ke gubernur dan ditembuskan ke Menteri Kehutanan,“ tukasnya. Bupati mengingatkan, untuk persoalan pelepasan hutan seperti yang dituntut oleh petani bukanlah hal yang gampang. Sebab membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang.

“ Kita sifatnya hanya memfasilitasi saja. Yang jelas, saya akan laporkan kondisi ini ke gubernur dan gubernur akan merekomendasikan ke Menhut, nanti Menhut lah yang akan menentukan," jelas Sukandar.


Untuk itu, Bupati minta kepada seluruh petani bila ada masalah segera sampaikan kepada pemerintah setempat untuk disampaikan kepadanya.


“ Apapun masalahnya kita cari jalan keluarnya dengan cara musyawarah. Jangan sampai ada tindakan-tindakan anarkis yang akan merugikan kita semua," pungkasnya. (her)


Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net