Headlines News :

Adi Rozal Hasil Survey Tertinggi versi Idea Institut Kerinci

MerdekaPost | Kamis, 31 Januari 2013

Jafar Ahmad dari Lembaga Survey Idea Institut saat memaparkan hasil surveynya
KERINCI – DR. H. Adi Rozal, M.Si adalah kandidat dengan hasil survey tertinggi untuk kandidat calon Bupati Kerinci 2013 mendatang. Hasil survey yg di presentasekan oleh Jafar Ahmad dari lembaga survey Idea Institute Kerinci di Hotel Mahkota Sungai Penuh Selasa (29/01) lalu. 

Hasil survey elektabilitas dan potensi dipilih untuk Adi Rozal berada pada urutan tertinggi yaitu 13,3 persen mengungguli H Murasman yang memperoleh 11,1 persen, meskipun untuk tingkat popularitas Murasman lebih tinggi yaitu 88 persen dan Adirozal 51,5 persen.

Jika dibagi Secara wilayah, Hasil survey untuk Kerinci hilir Berdasarkan persentase populeritas dan elektabilitas nya adalah sebagai berikut: Hasani Hamid (popularitas 49 dan elektabilitas 10), A.rahman 34 dan 6.5, Zainal Abidin 30 dan 5,9, H.Erfan 31 dan 5,8, Subur budiman 27 dan 5,0, Dasra 27 dan 4,8, Sukman 20 dan 4,1, Kasrianto 18 dan 3,5, Lahmudin taher 15 dan 2,8.

Kandidat Dari Kerinci mudik adalah sebagai berikut, Adirozal 51,5 dan 13,3, Murasman 88 dan 11,1, Yulizarman 37 dan 8,7,  Irmanto 29 dan 6,5, Monadi 28 dan 6,5, Sartoni 19 dan 5,5 persen.

Menurut Jafar Ahmad, Ada beberapa fakta menarik berdasarkan hasil survey, bahwa persentase masyarakat Kerinci Hilir yang menginginkan Bupati Kerinci berasal dari hilir adalah 90 persen, sementara untuk masyarakat dari Kerinci Mudik yang menginginkan Bupati dari mudik adalah 87 persen, ini artinya, menurut Jafar, masyarakat Hilir lebih komit dengan putra daerahnya.

Fakta lainnya, kata Jafar, masih berdasarkan hasil survey, Lebih dari 60 persen masyarakat di Kabupaten Kerinci menyatakan bahwa mereka tidak suka dengan pemimpin yang ada sekarang (Bupati dan Wakil Bupati-red), hal inilah yang berkemungkinan mengakibatkan angka elektabilitas 11,1 berbanding terbalik dengan popularitas Murasman yang mencapai 88 persen”. Kata Jafar alumni fisipol Universitas Indonesia ini.

Namun, Jafar juga tidak memungkiri bahwa masih ada kelemahan dari survey yang dilakukan tim-nya, sebab, survey dilaksanakan pada saat sebelum munculnya kandidat dari wilayah Tengah yaitu Ami Taher, dan hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap hasil survey yang dilakukannya, sebab, Ami Taher dikenal memiliki basis massa yang cukup signipikan. Untuk itu, Jafar merekomendasikan kalau ada lembaga survey lain yang bisa melaksanakan survey lagi untuk kondisi atau beberapa saat terakhir. (her/merdekapost.com)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net