Headlines News :

Tips Rahasia untuk Anak yang Susah Diatur

MerdekaPost | Sabtu, 17 November 2012

Seorang anak akan mengikuti gaya hidup orang tuanya.
Merdekapost.com - Mengajarkan hidup yang baik kepada seorang anak bukanlah perkara mudah. Dalam banyak urusan keseharian, orang tua adalah panutan utama anak.
Seperti pribahasa "Buah jatuh tak jauh dari pohonnya," inilah yang menjadi alasan mengapa orang tua kerap memberi 'perintah' kepada seorang anak.

Untuk mendidik dan mengajari perilaku yang baik, para orang tua sebaiknya memulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Mulailah dari pola hidup sehat, mengajari si kecil tentang manfaat hidup sehat akan membuat si kecil lebih mengerti tentang makna sebuah kehidupan.
Berikut ini adalah tips dan trik mengajari pola hidup sehat pada anak, seperti yang dilansirTimes of India.

Jangan salahkan anak

Saat si kecil menolak mengkonsumsi makanan sehat, jangan langsung menyalahkan. Gunakanlah kata-kata bijak dan alasan mengapa ia harus mengkonsumsi makanan tersebut. Jika ingin menyadarkan tentang kesehatan, tentunya hal ini harus dimulai dari diri Anda terlebih dahulu. Orang tua yang ingin anaknya makan dengan baik harus mencontohkan kebiasaan makan pada anak.

Gaya hidup sehat

Ini adalah awal di mana si kecil akan menjaga kesehatan. Sikap ini sebaiknya terapkan saat kanak-kanak dan belajar mengenal makanan. Setiap makanan yang disajikan akan terdiri dari protein, karbohidrat dan vitamin. Perkenalkan setiap manfaat dari nutrisi tersebut satu per satu, dengan begitu si kecil akan tahu makanan jenis apa yang baik untuk kesehatannya.

Keterampilan

Selain makanan sehat, ada baiknya jika si kecil diperkenalkan keterampilan. Pada dasarnya setiap manusia memiliki bakatnya masing-masing, dan semua ini tergantung bagaimana orang tua mengasahnya.

Jangan gunakan imbalan

Banyak orang tua menggunakan imbalan sebagai rayuan, termasuk saat si kecil susah makan. Biarkan si kecil melatih bakat dan kemampuannya. Emosional anak yang belum stabil akan membuat si kecil tidak mandiri, serta penuntut.

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net