Headlines News :

Lalat Mewabah, Peternakan Ayam Diminta Bertanggung Jawab

MerdekaPost | Jumat, 02 November 2012

MUARA TEBO - Akibat kurangnya perhatian peternak ayam terhadap kebersihan lingkungan, mengakibatkan warga maupun pemilik rumah makan kawasan Perkantoran Pemkab Tebo di Km 12, mengeluh karena banyaknya lalat yang mewabah. Akhirnya, pemilik peternak ayam terpaksa harus membersihkan kandang ternak mereka agar lalat tidak mewabah.

Hal ini merupakan bagian dari hasil kesepakatan mediasi antara warga dengan pemilik peternakan serta sejumlah pihak terkait yang berada di kawasan Pal 12, beberapa hari lalu.

“Pada saat mediasi kemarin, saya minta kepada pemilik peternakan ayam untuk memperhatikan kebersihan kandang ayamnya, agar tidak ada lagi lalat yang mewabah. Permintaan ini disanggupi peternak,” ujar Mansyur, kemarin.

Begitu juga yang dikatakan Heri, warga setempat. Terangnya, semenjak diadakan kesepakatan antara pemilik peternakan ayam dengan warga, jumlah lalat yang berkeliaran sedikit berkurang. Namun tetap saja dirinya dan beberapa warga masih merasa terganggu.

“Mungkin kandang ayamnya sudah dibersihkan oleh peternak, tapi tetap saja masih ada lalat yang berkeliaran dan kami masih merasa terganggu dengan keberadaan lalat tersebut,” tuturnya.

Yang disayangkan, lanjut Heri, hingga saat ini belum ada tindakan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo, terkait banyaknya lalat yang mewabah. “Sudah hampir seminggu ini banyak lalat yang berkeliaran, tapi kok tidak ada tindakan penertiban dari instansi terkait,” tuturnya.

Sementara itu, dari keterangan Kepala Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP), Suhut, hingga saat ini tidak satupun peternakan ayam yang memiliki izin usaha. “Sejauh ini, kami belum ada mengeluarkan izin usaha peternakan ayam, karena memang peternaknya tidak pernah datang mengurus izin,” kata Suhut. (ald)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net