Headlines News :

Cassiavera Jadi komoditi Andalan Eksport Jambi

MerdekaPost | Jumat, 02 November 2012

JAMBI - Putri Rainun, Kabid Pemasaran Disbun Provinsi mengatakan, kayu manis yang berasal dari Kabupaten Kerinci merupakan salah satu komoditas andalan penyumbang terbesar nilai ekspor.  "Ya banyak yang belum tahu kalau kayu manis atau casiavera itu berasal dari Kabupaten Kerinci. Selama ini orang mengira kayu manis berasal dari sumbar," sebut Putri, Jumat (2/11).

Seperti komoditas lainnya kayu manis juga memiliki daya tarik tersendiri. Selain memiliki aroma yang khas, kayu manis juga sering digunakan untuk kosmetik. Untuk bentuk biasanya diperkenalkan kedalam bentuk hiasan seperti batangan besar maupun dalam bentuk batang kecil.

Tidak heran  negara tujuan ekspor kayu manis seperti India dan Banglades mengakui kualitas dan keunggulan rempah khas Indonesia ini.

“Jambi sangat kaya akan komoditas alamnya. Mulai dari hulu hingga ke hilir komoditasnya memiliki kekhasan tersendiri," ujarnya.

Makanya, Disbun terus memperkenalkan jika kayu manis merupakan produk unggulan Jambi. Tidak hanya sebagai bahan baku kosmetik atau rempah tapi juga menarik untuk sebagai hiasan rumah. “Karena menawarkan aroma terapi dan tahan lama,” ujarnya.

Lalu produk apa saja yang jadi unggulan dan selalu mendapatkan perhatian dari masyarakatnya. Putri mengatakan selain kayu manis, kopi, teh dan gula aren seluruhnya jadi komoditas unggulan Jambi. Makanya, komoditi ini tidak pernah absen menjadi penyumbang nilai ekspor bagi daerahnya. (ald)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net