Headlines News :

Tebo Kekurangan Tenaga PPL

MerdekaPost | Minggu, 07 Oktober 2012

Ir Sarjono
Sarjono : Kebutuhan Perdesa Belum Terpenuhi

MUARA TEBO - Hingga kini, Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian (BPPP) Tebo, masih kekurangan tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Hal ini tentunya mempengaruhi tingkat keberhasilan petani.

Untuk mengantisipasi kekurangan ini, tahun 2013 mendatang BPPP berencana menambah jumlah, dengan cara menambah PPL yang bersipat swadaya, bukan PNS atau honorer. Hal ini dikatakan Kepala BPP Tebo, Ir.Sarjono, kemarin.      

Dijelaskannya, untuk saat ini Kabupaten Tebo terdiri dari 106 desa/kelurahan. Sedangkan pihaknya baru memiliki 90 orang PPL, 59 PNS dan 31 PPL Honorer Harian Lepas (HHL), yang ditempatkan di Kecamatan Serai Serumpun, Muara Tabir, Tebo Ilir, Tebo Tengah,Tengah Ilir dan Sumay.

Lanjutnya, idealnya satu desa memiliki PPL 1 orang. Sedangkan PPL yang ada sekarang lebih 50 % sudah berumur di atas 50 tahun, sehingga produktifitas kerja bisa terganggu karena faktor usia.

“Kalau semangat mereka masih ada, tapi tenaga untuk terus kelapangan membina petani jadi berkurang dan itu manusiawi,” ujar Sarjono.

Untuk mengantisipasi kekurangan tenaga penyuluh tersebut, lanjut Sarjono, pihaknya akan merangkul kader - kader PKK di desa sebagai perpanjangan tangan PPL dalam menyampaikan program pemerintah, terutama untuk meningkatkan ketahanan pangan. (ald)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net