Headlines News :

TJC Minta Masyarakat Hati-hati dengan Oknum Wartawan Illegal

MerdekaPost | Jumat, 21 September 2012

Lakukan Pemerasan dan Penipuan

Muaratebo – Forum komunikasi dan silaturrahmi wartawan yang ada di kabupaten Tebo, Tebo Journalist Club (TJC) menghimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan wartawan yang melakukan pemerasan, penipuan atau berdalih kasus dan meminta sejumlah uang agar kasus tersebut diselesaikan.

Berdasarkan laporan dari beberapa kepala dinas, instansi dan juga para kepala sekolah, seringkali ada oknum yang mengaku-ngaku wartawan yang datang dengan membawa sejumlah kasus dan jika ingin diselesaikan maka diminta menyerahkan sejumlah uang.

Menghadapi kondisi ini, Organisasi wartawan Kabupaten Tebo atau Tebo Journalist Club (TJC) menghimbau kepada masyarakat dalam wilayah hukum Kabupaten Tebo agar berhati-hati dan jangan mudah terpengaruh dengan oknum tersebut, sebab, wartawan tidak boleh melakukan pemerasan dan ada kode etik jurnalis yang harus dipatuhi didalam setiap melakukan aktivitas liputan.

Hal ini diungkapkan oleh M. Taher selaku Ketua TJC, bahwa pihaknya memang akhir-akhir ini mendengar keluhan dari beberapa orang kepala dinas dan juga kepala sekolah, dan khusus untuk kepala sekolah, rata-rata yang menjadi korban adalah sekolah yang berada di daerah-daerah yang jauh atau daerah terpencil, dan mereka mengakui sering didatangi oleh oknum yang diduga wartawan illegal”. Ungkap taher.

Mengahadapi masalah ini, lanjut Taher, Kita meminta kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Tebo, apabila ada oknum yang mengatasnamakan wartawan dan melakukan pemerasan, maka segera hubungi pihak yang berwajib atau hubungi anggota kita yang kebetulan tersebar ditiap-tiap kecamatan diwilayah Kabupaten Tebo”. Tegas Taher.

Sementara itu, Sekjend TJC, Heri Zaldi,S.Pt menambahkan bahwa untuk saat ini pihaknya sudah melakukan pendataan wartawan yang aktif untuk wilayah liputan Kabupaten Tebo.

Dikatakan Heri, “Kita sudah melakukan pendataan untuk wilayah liputan Kabupaten Tebo, ada 62 orang wartawan yang bertugas baik harian maupun mingguan, media cetak maupun elektronik”. Ungkap Heri.

“Melalui kesempatan ini, kita juga menghimbau kepada anggota TJC yang masa berlaku kartu pers-nya sudah habis agar segera diperpanjang, sebab, jika tidak ada kartu identitas wartawan yang masih berlaku itu, maka dengan sendirinya keanggotaannya akan dicabut untuk sementara, menjelang keluar kartu pers yang baru”. Tegas Heri. (ard)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net