Headlines News :

Tembakau Kerinci Diminati di Jawa

MerdekaPost | Kamis, 13 September 2012

Kerinci – Kerinci dikenal  sebagai salah satu daerah pertanian yang memasok berbagai jenis hasil pertanian ke berbagai daerah, bahkan beberapa tahun belakangan ini, komoditi pertanian Kerinci mengalami penurunan harga. Namun saat ini mulai berangsur normal dan sejumlah komoditi pertanian Kerinci mulai dilirik pihak luar seperti halnya tembakau Kerinci ini mulai dilirik Jawa.

Hal ini juga merupakan keinginan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kerinci untuk mengembangkan perkebunan tembakau di Kerinci mulai memberikan perkembangan yang signifikan. Hal itu ditandai dengan tumbuhnya minat masyarakat luar Kerinci terhadap tembakau Kerinci.

Tembakau asal Kerinci diminati masyarakat Jawa dan  terjual di Jawa tepatnya di Temenggung dengan harga Rp 25 ribu perkilonya. Kepala Dishutbun Kerinci Evi Rasmianto mengatakan, masyarakat Temenggung berminat terhadap tembakau Kerinci, bahkan pada saat magang yang dilaksanakan pihaknya ke Temenggung, tembakau Kerinci laku keras dan dibeli dengan harga Rp 25 ribu perkilonya. Harga Rp 25 ribu perkilo tersebut merupakan langkah awal yang baik bagi perkembangan perkebunan tembakau di Kerinci. Pihaknya akan terus-menerus mengembangkan perkebunan tembakau tersebut.

“Tembakau kita laku di Temenggung, pada saat magang beberapa waktu lalu tembakau kita dibeli dengan harga Rp 25 ribu perkilo, itu membuktikan bahwa tembakau kita bagus dan diminati,” sebutnya baru-baru ini.

Menurut dia, dalam pengembangan perkebunan tembakau tersebut pihaknya akan terus melakukan program peningkatan terhadap produksitembakau di Kabupaten Kerinci, guna untuk memperoleh hasil yang maksimal. Jika peningkatan produksi serta kualitas tembakau di Kerinci terus ditingkatkan, maka tidak menutup kemungkinan harga tembakau di Kerinci bisa mengalami peningkatan.

“Harga tembakau kita bisa saja menanjak naik, hal itu tergantung kita dalam berupaya meningkatkan produksi dan kualitasnya,” ujarnya.

Lebih jauh dia, program perkebunan tembakau tersebut merupakan program baru yang dilaksanakan pihaknya, meski demikian pihaknya yakin pengembangan perkebunan tembakau di Kerinci tersebut bisa memberikan dampak baik bagi perkebunan petani di Kerinci, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

“Jika berjalan lancar dan baik, tidak menutup kemungkinan kesejahteraan petani tembakau kita akan baik. Kita akan selalu berusaha untuk mewujudkan hal tersebut dan kita juga mengharapkan petani Tembakau untuk tidak ragu membudidayakan tanaman Tembakau ini,” tandasnya.

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net