Headlines News :

Teh Hijau Bagus Buat Jantung, Juga Pas untuk Otak

MerdekaPost | Rabu, 13 Januari 2016

Teh Hijau Bagus Buat Jantung
Green Tea
Merdekapost.net - Teh telah lama dikenal sebagai salah satu jenis minuman terbaik untuk menjaga kondisi kesehatan, apalagi kalau teh yang dimaksud adalah teh hijau. Bahkan bisa dikatakan teh hijau merupakan teh terbaik dari segala jenis teh yang ada. Fakta ini semakin diperkuat dengan temuan baru dari China yang menyatakan bahwa teh hijau tak hanya baik untuk jantung tapi juga bagi kesehatan otak.

Studi ini menemukan bahwa senyawa kimia yang dikandung teh hijau mampu mendorong pertambahan sel-sel otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan pembelajaran visual bagi orang yang meminum teh itu secara rutin.

"Ada banyak temuan ilmiah yang telah membuktikan kegunaan teh hijau untuk membantu mencegah penyakit kardiovaskular, tapi sekarang ada bukti terbaru bahwa kandungan kimiawinya bisa berdampak terhadap mekanisme seluler di dalam otak," ungkap ketua tim peneliti Profesor Yun Bai dari Third Military Medical University, Chongqing, China.

"Kami menduga senyawa kimia yang bernama EGCG (Epigallocatechin gallate) itu dapat meningkatkan fungsi kognitif dengan cara mempengaruhi pertambahan sel saraf otak atau neurogenesis di hippocampus, bagian otak yang bertugas memproses informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang," lanjutnya seperti dilansir dari dailymail.

Secara khusus, peneliti menemukan bahwa EGCG mendorong produksi sel pregenitor saraf yang dapat beradaptasi ke dalam berbagai jenis sel layaknya sel punca (stem cell).

"Untuk mendapatkan kesimpulan ini, kami melakukan percobaan pada dua kelompok tikus yang salah satunya telah diberi EGCG. Lalu keduanya dilatih selama tiga hari untuk menemukan platform yang terlihat dan tujuh hari untuk menemukan platform tersembunyi di dalam labirin yang ada di kandang mereka," ujar Prof. Bai.

Hasilnya, tikus yang diberi EGCG membutuhkan waktu lebih sedikit untuk menemukan platform yang tersembunyi. EGCG pun terbukti mampu meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat tikus secara langsung.

"Temuan ini membantu kami memahami potensi EGCG yang terkandung dalam teh hijau, terutama dalam rangka melawan penyakit degeneratif dan memerangi hilangnya daya ingat yang diakibatkan penyakit atau kondisi tertentu," pungkasnya.

Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research.


BACA JUGA :
Minum Air Membuat Sehat
Teh-teh Sehat yang Bisa Bantu Orang Berhenti Merokok
Alpukat Buah Serbaguna dan Kaya Manfaat
Coklat Membuat Hidup Lebih Sehat
4 Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net