Headlines News :

SAD di Tebo Minta Legalitas WNI

MerdekaPost | Senin, 24 September 2012

Suku Anak Dalam (SAD) 
Harmain : Bisa, Asal Mereka Bisa Menetap 

Tebo, merdekapost.com - Adanya keinginan warga suku anak dalam (SAD) yang berada diwilayah Kabupaten Tebo agar status mereka diakui legalitasnya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) terus diupayakan oleh pihak terkait. Mereka meminta kepada pemerintah Kabupaten Tebo agar status mereka diakui dan dibuatkan KTP sebagai warga Tebo.

Seperti halnya di wilayah kecamatan VII Koto, warga suku anak dalam yang mendiami kawasan hutan milik izin PT LAJ, beberapa waktu lalu menyampaikan langsung kepada Wakil Bupati Tebo agar status mereka sebagai warga Kabupaten Tebo diakui.

Mereka meminta kepada dinas terkait agar mereka dibuatkan KTP sebagai warga Kabupaten Tebo.

Menanggapi hal ini, kepala dinas Kependudukan dan catatan sipil Harmain ketika dikonfirmasi harian ini mengatakan, untuk melegalitaskan status SAD tersebut tidak lah rumit asalkan warga SAD tersebut mau bermukim atau menetap di satu tempat dan tidak berpindah-pindah (nomaden).

“Sampai saat ini kita terus melakukan pendataan agar status mereka dilegalitaskan, tapi sebagian besar dari mereka tidak mau hidup menetap atau membentuk perkampungan,” ujar Harmain.

Dilanjutkannya, meskipun begitu, saat ini sudah ada puluhan warga SAD yang sudah memiliki status sebagai warga Kabupaten Tebo dan memiliki KTP, seperti di Kecamatan Muara Tabir dan Kecamatan tengah Ilir.

“Di Kecamatan Tabir bahkan mereka sudah masuk DPT setiap pemilu, sedangkan yang di Kecamatan Tengah Ilir mereka juga sudah tinggal menetap dan dibuatkan tempat tinggal oleh menteri sosial beberapa waktu lalu,” jelasnya.

Lanjut Harmain, pihaknya akan terus melakukan pendataan terhadap warga SAD agar keberadaan dan jumlah mereka terdata di Dukcapil. Namun jika mereka memang benar-benar menginginkan status yang jelas maka mereka harus hidup menetap.

“Perlu adanya pendekatan dengan mereka agar mereka memahami hal tersebut, tentunya pihak terkait lainnya juga ikut membantu untuk mewujudkan keinginan mereka,”pungkasnya. (ald)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net