Headlines News :

Lima Perusahaan Tambang Batubara di Tebo Stop Beroperasi

MerdekaPost | Kamis, 27 September 2012

Aktifitas sebuah tambang batubara di tebo baru-baru ini
MUARA TEBO, MPC - Lima dari puluhan perusahaan tambang batu bara yang memiliki izin Kuasa Pertambangan (KP) di Tebo, menyatakan stop operasi. Hal ini karena turunnya harga batu bara saat ini. Perusahaan itu yakni PT Globalindo Alam Lestari (GAL), PT Anugrah Alam Andalas (AAA), PT Bumi Unggul Permai (BUP), PT Hasil Tambang Raya (HTR) dan PT Asia Multi Investama (AMI). Hal Ini dibenarkan oleh Kabid Pertambangan Dinas ESDM Tebo, Erwanto, kemarin.

Ia menjelaskan, saat ini memang ada lima perusahaan batubara yang memiliki izin KP di Tebo menyetop operasional mereka.  dengan alasan, harga batu-bara jauh dari standar. Sedangkan biaya operasional cukup besar, ditambah lagi kalori batu bara di Tebo di bawah standar.

“Mereka bukan tutup, melainkan menyetop kegiatan tambang untuk sementara. Di kabupaten lain pun banyak perusahaan menyetop operasi, karena sejumlah alasan,” kata Erwanto.

Lanjut Erwanto, untuk Tebo sendiri, harga jual batu bara juga jauh di bawah standar akibat rendahnya kalori atau masih di bawah 5000. Selain itu, akibat harga yang jauh di bawah standar, biaya operasional ditambah lagi akses jalan yang tidak memadai membuat mereka menghentikan kegiatan.

“Kita lihat saja nanti, yang jelas saat ini mereka menyatakan stop dulu, tapi izin operasi perusahaan tersebut masih tetap berlaku sampai batas akhir yang sudah ditentukan,”jelasnya.

Ia menambahkan, kemungkinan dampak dari murahnya harga batu bara saat ini tidak hanya lima perusahaan yang akan menyetop kegiatan, tetapi bakal disusul oleh perusahaan lain. (her)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net