Headlines News :

Bahaya Mandikan Anak dengan Air Dingin

MerdekaPost | Senin, 03 September 2012

Merdekapost.com - Memandikan bayi tampaknya hal sepele, namun masalah suhu air saja bisa berakibat fatal pada kesehatan bayi.

Dokter spesialis anak dari RS. Brawijaya Women and Children Hospital, dr. Attila Dewanti, SpA, mengatakan bahwa sangatlah berbahaya bila memandikan bayi dengan menggunakan air dingin.

"Bayi usia enam bulan ke bawah, sebaiknya dimandikan menggunakan air hangat, karena air dingin bisa membuat bayi mengalami hipotermia," ujar Attila pada satu media edukasi di Jakarta, Senin (27/8). 

Hipotermia atau suhu tubuh yang menurun secara drastis dan tiba-tiba, akan dialami oleh bayi akibat lapisan kulit bayi yang masih terlampau tipis, kata Attila. 

Dia juga mengemukakan bahwa hipotermia pada bayi, biasanya membuat bayi lupa cara bernapas. "Inilah hal yang paling membahayakan para bayi," ujar Attila. 

Attila mengimbau, sebaiknya bayi di bawah usia enam bulan dimandikan dengan air bersuhu antara 29 sampai dengan 30 derajat celsius, karena suhu itu dianggap cukup hangat dan aman bagi kulit dan paru-paru bayi. 

"Pada usia enam bulan, sistem tubuh pada bayi normal sudah cukup siap untuk menerima asupan makanan lain selain susu, atau suhu yang berbeda dari suhu di dalam rahim," pungkas Attila.



+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net