Headlines News :

Wah, 2 Kembaran Masjid Nabawi Ada di Indonesia

MerdekaPost | Jumat, 27 Juli 2012

kembaran masjid nabawi di indonesia


Merdekapost.com - Salah satu masjid yang tak pernah absen dikunjungi jamaah Muslim saat berkunjung ke Arab Saudi adalah Masjid Nabawi. Tapi tahukah Anda masjid ini juga punya kembaran di Indonesia?

Selain terkenal sebagai tempat berpusaranya makam Rasul, Masjid Nabawi juga dikenal karena payung cantik yang tersebar di seluruh penjuru masjid. Payung terbuka saat panas ini, berfungsi untuk mencegah orang yang berjalan di pelataran masjid terkena langsung terik matahari.

Ternyata, payung yang serupa juga bisa Anda lihat di Indonesia, tepatnya di Masjid Muamar Qaddafy, Jawa Barat dan Masjid Agung Jawa Tengah di Jawa Tengah. Karena kemiripan payung ini, kedua masjid itu pun dijuluki sebagai kembarannya Masjid Nabawi.

Masjid pertama yang disebut mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah adalah Masjid Muamar Qaddafy di Sentul, Jawa Barat. Masjid ini berlokasi di Kompleks Bukit Az Zikra, Sentul.

Secara keseluruhan, Masjid Muamar Qaddafy terdiri dari tiga lantai, menara setinggi 57 meter dan sepasang bangunan serambi untuk kegiatan fungsional. Warna putih mendominasi bangunan masjid yang melambangkan kesucian.

Masjid ini terbilang istimewa karena di bagian menara dilengkapi dengan lift. Setiap jamaah yang datang juga dipersilahkan untuk mencoba lift ini. Dari atas menara, Anda bisa melihat pemandangan indah perbukitan sentul. Sebuah pelengkap wisata rohani yang bisa menambah keimanan.

Yang paling menyita perhatian jamaah yang datang adalah keberadaan payung besar di halamannya, seperti yang ditulis buku 100 Masjid Terindah di Indonesia, terbitan Andalan Media. Dua buah payung ini adalah replika dari payung besar yang ada di Masjid Nabawi, Madinah. Payung-payung itu merupakan perlambang bahwa siapa pun yang menjalani hidup di bawah payung keimanan akan selamat.

Anda yang sudah pernah datang ke Masjid Nabawi, memori tentang masjid Rasulullah tersebut pasti langsung berlari-lari di pikiran saat berkunjung ke Masjid Muamar Qaddafy. Rencananya, payung ini akan ditambah lagi menjadi enam buah.

Masjid lain yang juga disebut sebagai kembaran Masjid Nabawi adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini adalah yang terbesar dan termegah serta merupakan ikon dan kebanggaan masyarakat Jateng.

Betapa tidak, Masjid Agung Jawa Tengah memiliki luas areal 10 hektar dengan daya tampung 6.000 orang di bangunan utama, dan 10.000 orang di plaza masjid. Masjid Agung Jawa Tengah juga memiliki menara pandang bernama Al Husna setinggi 99 meter.

Sama seperti Masjid Muamar Qaddafy, Masjid Agung Jawa Tengah disebut kembaran Masjid Nabawi karena memiliki payung hidrolik, yang benar-benar mirip dengan yang ada di masjid Rasulullah tersebut.

Payung hidrolik ini berada di teras masjid dan berjumlah 6 buah. Dengan tinggi masing-masing 20 meter dan bentangan payung hingga 14 meter, payung di Masjid Agung Jawa Tengah dibuat sebagai atap kala jumlah jamaah tengah meluap.

Berkunjung kedua masjid ini membawa Anda seolah-olah sedang berada di Masjid Nabawi, meski hanya duduk di bawah bentangan payung luasnya.

Payung di Masjid Agung Jawa Tengah mirip dengan yang ada di Masjid Nabawi 

Masjid Agung Jawa Tengah (beautifulmosques.com)


(choe)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net