Headlines News :

PWI dan AJI Kutuk Belli

MerdekaPost | Kamis, 26 Juli 2012

Belli J Picarima terlihat sangat alergi dengan wartawan
Belli Melanggar UU Pers No 40 Tahun 1999

JAMBI - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jambi, Mursyid Sonsang, mengutuk sikap Belli J Picarima yang mengancam wartawan. Menurutnya, Belli tidak seharusnya mengancam wartawan yang melaksanakan tugas jurnalistiknya. 

“Saya mengutuk tindakannya yang menghalangi dan melakukan intimidasi terhadap wartawan,” ujarnya, kemarin. 

Sikap serupa disampaikan oleh Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jambi, Saipul Bakhori. Menurutnya, intimidasi yang dilakukan oleh Belli melanggar Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. 

“Sikap dan ucapannya bisa dikategorikan menghambat dan menghalang-halangi tugas jurnalis. Ini melanggar Undang-Undang Pers,” ujarnya. Menurut Saipul, pada pasal 18 undang-undang tersebut diatur, pihak yang melakukan tindakan yang berakibat menghambat dan menghalangi penerbitan sebuah berita dan tugas-tugas jurnalis, diancam hukuman dua tahun penjara dan denda Rp 500 juta. 

“Informasinya, beberapa waktu yang dulu beliau juga mengancam wartawan, kemarin diulangi kembali. Ini menjadi preseden buruk bagi jurnalis di Jambi. Saya sangat menyayangkan hal tersebut,” ujarnya.

Lebih jauh, Saipul menyatakan, pihaknya siap melakukan advokasi bagi wartawan yang diintimidasi. “Informasinya Kepala Adpel akan mendatangi kantor wartawan yang mengangkat beritanya. Kalau sampai hal itu terjadi, kami siap mengadvokasi wartawannya,” jelasnya. (her/ant)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net