Headlines News :

Makanan dan Minuman Yang Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

MerdekaPost | Minggu, 22 Juli 2012

Merdekapost.com - Akhirnya azan maghrib yang ditunggu-tunggu tiba. Eits, jangan asal makan dan minum! Agar perut tidak kaget, ada beberapa makanan dan minuman yang perlu kita konsumsi sebagai pembuka.


Saat berpuasa, tubuh kita kekurangan cairan. Oleh karena itu, waktu berbuka kita perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa mengembalikan cairan tubuh, baru berlanjut ke makanan berat secara bertahap. Inilah hidangan yang dianjurkan Purnawati Hustina Rachman,community nutritionist dari IPB:

1. Buah-buahan

Buah-buahan baik untuk mengawali buka puasa karena memiliki gula alami, sehingga mampu memenuhi kebutuhan glukosa dalam waktu cepat. Selain itu, buah mengandung berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan. Menyantap 3 buah kurma bisa jadi awal yang baik untuk berbuka.


2. Jus buah
Buah yang dibuat jus lebih baik karena dapat mengatasi dehidrasi setelah seharian penuh berpuasa. Coba minum jus melon, jus tomat, atau jus apel saat berbuka. Sebaiknya tidak perlu menambahkan gula lagi karena buah umumnya sudah cukup manis.

3. Sup
Makanan saat berbuka puasa sebaiknya tidak terlalu berat. Fokuskan pada makanan ringan yang mengandung banyak air agar perut yang kosong berjam-jam tidak kaget. Sup hangat seperti sup ayam, sup krim, dan sup sayuran bisa menjadi pilihan tepat.

4. Air putih
Air putih sangat penting saat berbuka puasa untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan. Pastikan Anda meminum minimal 1 liter air putih mulai berbuka puasa hingga sebelum tidur.

(choe) 

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net