Headlines News :

Dewan Minta Kadinkes Tebo Diganti

MerdekaPost | Rabu, 18 Juli 2012

Kadinkes Tebo Jauhari
Terkait Kekosongan Obat di Puskesmas 

TEBO, merdekapost.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo melalui fraksi PDIP Perjuangan meminta kepada Bupati Tebo mengganti jabatan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Tebo, Jauhari. Pasalnya DPRD Tebo menilai kinerja Kadinkes tersebut buruk, sebab lamban mengatasi setiap persoalan yang terjadi beberapa bulan belakangan ini.

Dua hal yang menjadi sorotan dewan terhadap kinerja dinas Kesehatan yakni kekosongan obat di beberapa Puskesmas yang ada di Kabupaten Tebo karena tidak mendapat distribusi obat dari Dinas Kesehatan. Selain itu pelayanan lain seperti mobilitas Ambulance yang tidak maksimal  dan jarang standby.

Hal ini dikatakan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tebo, Wartono Trian Kusumo usai memimpin sidang Paripurna tentang tanggapan akhir fraksi KUA PPAS tahun 2013. Dirinya mengatakan, kinerja dinas Kesehatan dua bulan terakhir sangat buruk, diperparah lagi dengan terjadinya kekosongan obat di Puskesmas-puskesmas.

“Obat itukan kebutuhan pokok setiap puskesmas, kenapa bisa kosong, bagaimana kalau ada hal-hal yang mendesak terhadap pasien,”ujar Wartono.

Dilanjutkan Wartono, seharusnya dinas kesehatan cepat tanggap tentang hal itu, apalagi sudah mendapat laporan dari pihak Puskesmas tentang kekosongan obat. Selama ini dikatakannya, untuk mengatasai kekurangan obat itu, pihak puskesmas mengakui menganggarkan swadana untuk mengatasi kekurangan obat agar tetap bisa melayani pasien.

“Bayak puskesmas yang mengeluh karena tidak mendapatkan distribusi obat, selama ini untuk mengatasi itu puskesmas swadana untuk mengatasi kekurangan obat dan sudah berlangsung sekitar 2 bulan,” jelasnya.

Seharusnya, menurut Wartono, sebagai kepala dinas, dia harus bisa mencarikan solusi bagaimana mengatasi kekurangan obat tersebut. Alasan itulah maka pihak DPRD meminta kepada Bupati Tebo agar merekomendasikan penggantian jabatan Kepala Dinas Kesehatan. 

“Kalau seperti itu kita anggap tidak bisa kerja, seharusnya ada solusi dari Kadinkes untuk mengatasi hal itu,”tegasnya.

Kadinkes tebo, Jauhari ketika dikonfirmasi untuk menanggapi hal tersebut mengatakan, dirinya selama ini sudah berusaha bekerja maksimal untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Tebo. Tapi jika memang nantinya kinerja dirinya dinilai tidak sesuai dengan harapan maka dirinya siap untuk diganti.

“Sebagai bawahan saya siap jika memang diganti, apa pun itu saya siap untuk ditempatkan dimana saja, tapi selama ini saya sudah berusaha semaksimal mungkin menjalankan tugas saya dengan baik,”katanya. (ald)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net