Headlines News :

6 Daerah di jambi di-deadline Oktober Selesaikan e-KTP

MerdekaPost | Rabu, 18 Juli 2012

Puluhan Ribu Warga Rekam e-KTP Ganda

Mendagri Gamawan Fauzi saat menyerahkan sertifikat e-KTP
kepada Gubernur Jambi Hasan Basri Agus.(doc.mp)
JAMBI, merdekapost.com - Perekaman data elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP) di sebagian daerah Provinsi Jambi memang baru dimulai pertengahan tahun ini. Namun Mendagri hanya memberikan batas waktu hingga Oktober untuk menyelesaikannya. 

"Saya bahkan bertaruh jabatan. Jika tidak selesai hingga akhir Desember saya mundur dari Mendagri. Di Jambi ada enam daerah yang belum selesai, nah Oktober ini harus selesai,” tegas dia, ketika berpidato di ACC, Selasa (17/7) kemarin.

Mendagri meminta perekaman itu diselesaikan tepat waktu. Keenam daerah itu yakni Kerinci, Tanjabar, Tanjabtim, Batanghari, Bungo dan Kota Sungaipenuh. Sementara kepada enam daerah yang telah menyelesaikan pelaksanaan e-KTP, Mendagri Gamawan Fauzi memberikan penghargaan berupa sertifikat kepada masing-masing kepala daerah. "Program ini dalam upaya kita untuk meningkatkan keamanan, ketentraman dan ketertiban umum serta tertib administrasi kependudukan dalam rangka menyukseskan pemilu legislatif dan pilpres tahun 2014 di Provinsi Jambi,” terangnya.

Selain itu, Mendagri juga mengatakan puluhan ribu masyarakat yang ada di Indonesia melakukan perekaman e-KTP ganda. Termasuklah warga Jambi yang melakukan perekaman e-KTP ganda. ‘’Saat ini sudah 63 ribu warga yang merekam e-KTP ganda,” beber Mendagri ketika menghadiri Rakor Porkopimda semester II dan Rakor camat caturwulan II di ACC. 

Dari 63 ribu jiwa tersebut, termasuklah Jambi juga ada yang melakukan perekaman e-KTP ganda. ‘’Jangan coba-coba melakukan perekaman e-KTP ganda,” kata Gamawan Fauzi. Bagi warga yang melakukan perekaman ganda, Mendagri memastikan akan ketahuan. Nantinya, salah satunya akan digugurkan. Gamawan bahkan menyebut salah satu warga Jambi yang melakukan perekaman data e-KTP ganda. Kata Gamawan, contohnya, Erni Suhartini. Dari hasil perekaman itu, dikatakan Gamawan fauzi, rekaman pertama dia berasal dari Jambi dan yang kedua dia berasal dari Jakarta. 

Selain melakukan perekaman e-KTP ganda, jutaan masyarakat juga memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda. ‘"Saat ini, sudah 7 juta yang telah memiliki NIK ganda,” katanya. Namun ia memastikan, dengan adanya program e-KTP ini, adanya KTP ganda dan NIK ganda bisa dikurangi. Selain itu, dengan adanya e-KTP ini juga mengurangi teroris. Sebab, selama ini, dirinya menemukan beberapa KTP teroris mereka memiliki 4 hingga 5 KTP. “Dengan adanya cara ini, kemungkinan itu bisa mengurangi,” kata dia. 

Gamawan meminta kepada PPPD atau karider penguji harus mengkaji terus. Kalau bisa, mereka harus lebih ditingkatkan kemanfaatannya. Dalam kesempatan itu, mantan gubernur Sumbar tersebut menyampaikan hasil dari perekaman e-KTP Provinsi Jambi yang telah mencapai 100 persen adalah 5 kabupaten/kota. Di antaranya, Kabupaten Merangin dengan hasil 189.788 jiwa dari target 189.648, Sarolangun sebesar 130.599 dengan target 130.484. Muarojambi dengan hasil 161.637, sedangkan target mereka sebesar 160.213. Kabupaten Tebo sebesar 153.598 dari target 149.362 dan Kota Jambi dengan hasil 270.353 dari target 267.311. 

Sedangkan 6 kabupaten lainnya belum mencapai 100 persen. Di antaranya, Kerinci, Batanghari, Tanjabtim, Bungo, Sungaipenuh dan Tanjabar. 

Mengenai pelaksanaan e-KTP di Jambi, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) mengatakan telah dimulai pelaksanaannya sejak 2010. Namun, kata dia, secara masal baru dilakukan pada tahun 2011. ‘’Beberapa daerah ada yang sudah selesai pada 30 April 2012 lalu,” katanya. "Kita berharap program Mendagri ini dapat meminimalir kejahatan yang berdampak negatif bagi daerah,” imbuhnya. Dalam kesempatan itu, hadir seluruh muspida, bupati dan ketua DPRD se Provinsi Jambi. Termasuk juga seluruh camat se Provinsi Jambi. (ald/ant)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net