Headlines News :

Wisata Belanja di Jambi

MerdekaPost | Rabu, 13 Januari 2016

Wisata Belanja di Jambi

Merdekapost.net - Jambi tidak hanya memiliki potensi wisata budaya, alam dan historis. Namun provinsi yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan ini juga mempunyai wisata belanja yang dapat memanjakan peminat shopping.

Berikut adalah beberapa wisata belanja Jambi yang terkenal:

Belanja Batik Khas Jambi
Batik Jambi memiliki khas motif bunga-bunga, berbeda dengan batik daerah lain. Pada zaman dahulu, batik hanya digunakan sebagai pakaian adat oleh kaum-kaum bangsawan atau Raja Melayu, sehingga pada zaman dahulu batik merupakan pakaian yang eksklusif, karena tidak semua orang memiliki dan memakainya. Namun seiring berjalannya waktu, pemakaian batik dapat dikenakan oleh rakyat biasa, dan kini dikenakan oleh Pegawai Negeri sebagai seragam.

Di Kota Jambi, ada sentra pembuatan batik yang dapat dilihat dan dikunjungi, di kawasan seberang Kota Jambi yang dapat dicapai dengan menggunakan perahu. Di sentra batik ini juga dapat belajar melukis batik bersama penduduk lokal. Untuk membeli batik yang sudah jadi dan siap pakai, banyak tersedia di Kota Jambi berbagai butik dan toko batik khas Jambi.

Pusat Kawasan Keramik
Di Pasar sitimang, Kota Jambi, dapat ditemui banyak penjual keramik-keramik. Keramik yang dimaksud disini adalah keramik seperti guci, perabotan, vas dan juga pajangan. Keramik ini diambil langsung dari Batam, namun harga-harganya terjangkau, bahkan 50% dari harga keramik di Jakarta dan di daerah-daerah lain.

Toko-toko keramik di Pasar Sitimang ini merupakan usaha turun temurun sejak tahun 1980-an, dan ada 9 toko yang khusus keramik yang ada disini, dan toko-toko ini dimiliki oleh 3 keluarga. keramik-keramik disini juga kerap dibeli secara massal untuk dijadikan souvenir pernikahan. Pasar Sitimang ini juga menjual pakaian, serta pernak-pernik, tas dan juga aksesoris.

(choe)



              BACA JUGA              
Dodol Kentang, Oleh-oleh Khas Kerinci
Museum Perjuangan Rakyat Jambi, Museum Kaya Sejarah
Ini Dia Candi Unik di Jambi
Strategi Wisata Jambi
Wisata Religi di Candi Muaro Jambi


Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net