Headlines News :

Tak Lama Lagi Kabupaten Bungo Dimekarkan

MerdekaPost | Jumat, 15 Juni 2012

MUARA BUNGO, MPOnline — Faktor penyebab terhambatnya pemekaran Kabupaten Bungo menjadi kota dan kabupaten selama delapan tahun akhirnya diketahui. Ada empat syarat yang selama ini belum dilengkapi oleh Pemkab Bungo untuk pemekaran. Jika syarat itu terpenuhi, pemekaran Kabupaten Bungo akan segera terwujud.

Faktor penyebab itu diketahui setelah pihak legislatif melalui Komisi I dan pimpinan DPRD bersama pihak eksekutif Pemkab Bungo melakukan koordinasi dan konsultasi ke Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ketua Komisi I DPRD Bungo, Almahfuz, mengaku optimis dalam waktu tidak terlalu lama lagi pemekaran Kabupaten Bungo akan terwujud. Semua tergantung pada niat. Jika benar-benar serius, keinginan masyarakat Bungo itu akan cepat terealisasi.

Empat syarat pemekaran yang belum disampaikan Pemkab Bungo ke Kemendagri antara lain keputusan DPRD Provinsi Jambi tentang persetujuan pembentukan daerah otonomi baru (DOB).

“Ini harus dikoordinasikan secara intensif dengan DPRD Provinsi. Saya yakin dewan provinsi setuju, karena pada dasarnya mereka sangat mendukung,” ujar Almahfuz didampingi anggota Komisi I lainnya, Chotib.

Syarat kedua, Pemkab Bungo harus melampirkan Keputusan Gubernur Jambi tentang persetujuan pembentukan DOB yang diantara isinya mengatur tentang persetujuan pemindahan personil dari provinsi.

Syarat ketiga adalah persyaratan teknis (dukungan data) yang meliputi sembilan poin. Syarat ini intinya hanya sebagai pendukung data saja, namun perlu dilengkapi. Syarat keempat, soal fisik dan kewilayahan yang berisi enam poin.

“Inilah yang kita dapatkan dari Kemendagri setelah berkoordinasi kesana. Syarat lainnya sudah kita penuhi. Ini kita anggap menjadi PR besar DPRD, khususnya Komisi I. Selama ini seluruh stakeholder kurang serius mengurusnya,” papar Almahfuz. (ald)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net