Headlines News :

Perhitungan Siapa yang ke Perempatfinal dengan Poin Sama

MerdekaPost | Minggu, 17 Juni 2012

Timnas Jerman belum tentu lolos ke perempatfinal
Merdekapost.com, WARSAWA – Dengan enam tiket tersisa ke babak perempatfinal Euro 2012, sepuluh tim masih punya peluang untuk mendampingi Yunani dan Republik Ceska ke babak berikutnya.
 
Semalam, Republik Ceska dan Yunani memastikan diri lolos ke perempatfinal usai menang atas lawan-lawannya. Ceska menang 1-0 atas Polandia, sementara Yunani juga menang tipis 1-0 atas Rusia.
 
Ada dua tim yang memiliki poin sama di grup ini, yakni Yunani dan Rusia yang sama-sama mengoleksi 4 poin. Namun, karena sistem acuannya kali ini adalah koefisien tim, bukan selisih gol, maka, Yunani yang punya koefisien lebih baik dari Rusia dan berhak lolos ke perempatfinal dengan status runner-up Grup A.
 
Nah, untuk grup lain, ada beberapa tim yang berpotensi mengakhiri babak penyisihan grup dengan poin sama, selain Republik Irlandia dan Swedia yang sudah pasti tersingkir. Dan berikut hitung-hitungannya menurut artikel 8.07 & 8.08 regulasi UEFA 2010-2012, dalam rilis yang diterima Okezone.
 
Grup B: Jerman (6) vs Denmark (3), Portugal (3)vs Belanda (0).
 
Jerman belum pasti lolos meski sudah dua kali menang. Namun, mereka hanya butuh hasil imbang lawan Denmark untuk bisa lolos sebagai juara grup.
 
Jerman akan tersingkir apabila: kalah dari Denmark dengan selisih lebih dari satu gol, sementara di pertandingan lain Portugal mengalahkan Belanda.
 
Denmark akan lolos jika menang lawan Jerman. Hasil imbang juga bisa meloloskan Denmark, namun di pertandingan lain Portugal kalah. Jika kalah, Denmark dipastikan tersingkir.
 
Menang lawan Belanda, Portugal akan lolos. Namun mereka akan tersingkir bila di pertandingan lain Denmark menang tipis atas Jerman (2-2, 1-0). Jika demikian, Jerman dan Denmark yang lolos. Portugal juga bisa lolos dengan hasil imbang, namun di pertandingan lain Denmark kalah dari Jerman.
 
Yang terakhir, Belanda. Untuk lolos, finalis Piala Dunia 2010 ini wajib menang dengan margin dua gol atas Portugal dan berharap di pertandingan lain Denmark kalah.
 
Grup C: Kroasia (4) vs Spanyol (4), Italia (2) vs Republik Irlandia (0)
 
Spanyol hanya butuh hasil imbang untuk memastikan diri lolos. Sementara kemenangan akan membawa mereka sebagai juara grup. Jika, Spanyol dan Kroasia imbang 1-1, sementara Italia menang 4-0, maka Spanyol tetap berstatus juara grup, Italia runner-up karena koefisien Spanyol lebih baik dari Azzurri.
 
Kroasia akan lolos sebagai juara grup bila mengalahkan Spanyol. Mereka juga bisa lolos dengan hasil imbang (2-2, 3-3 dst). Jika hanya imbang 0-0 dan Italia menang, maka Kroasia tersingkir. Jika Kroasia imbang 1-1, maka Italia harus menang 3-1 untuk lolos. Kroasia akan tetap lolos jika kalah, namun di pertandingan lain Italia gagal menang dari Irlandia.
 
Italia mengusung misi wajib menang, sekaligus berharap Kroasia-Spanyol tidak berakhir imbang dengan skor besar (2-2, 3-3 dst). Jika itu terjadi, Italia gugur. Italia akan jadi juara grup, apabila Spanyol-Kroasia imbang 0-0 dan mereka menang atas Irlandia lebih dari 4-0.
 
Republik Irlandia sudah dipastikan gugur, namun bisa finis di urutan tiga jika meraih kemenangan.
 
Koefisien Spanyol, Italia dan Kroasia berdasarkan head to head, selisih gol, dan memasukkan gol. Spanyol: 43.116, Italia: 34.357, Kroatia: 33.003.
 
Grup D: Swedia (0) vs Prancis (4), Inggris (4) vs Ukraina (3)
 
Inggris akan lolos dengan hasil imbang. Jika kalah, mereka harus berharap Prancis kalah dengan skor yang sama. Jika demikian, maka Inggris akan lolos karena punya koefisien lebih baik dari Prancis (Inggris 33.563, Prancis 30.508).
 
Ukraina wajib menang untuk lolos. Hasil selain kemenangan, akan membuat Ukraina tersingkir.
 
Prancis hanya butuh imbang untuk lolos. Jika kalah, mereka akan tersingkir jika Inggris juga kalah dengan skor sama (Prancis kalah koefisien). Prancis akan lolos apabila Inggris kalah dengan skor lebih besar dari mereka.
 
Swedia dipastikan sudah tersingkir karena menelan dua kekalahan. Swedia dipastikan menghuni peringkat terbawah apapun hasil pertandingan terakhirnya.
 
Penentuan ranking dengan menggunakan nilai koefisien dari setiap tim sendiri telah disepakati UEFA dalam rapat komite eksekutif di Istanbul, 20 Maret 2012 lalu.

(choe)


Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net