Headlines News :

Lubang Menganga di Jembatan Tebo

MerdekaPost | Selasa, 26 Juni 2012

Banyak lubang menganga diatas jembatan Tebo
TEBO, MERDEKAPOST.COM - Pengguna Jembatan Muara Tebo yang membentang diatas Sungai Batanghari, Tebo Tengah dengan panjang hingga 200 meter lebih itu  mulai disadari memiliki potensi bahaya bagi setiap pengendara. Pasalnya sebagian besar badan jembatan yang diselesaikan tahun 1983 ini telah habis terkelupas dan membentuk sejumlah lubang menganga dimana-mana.

Seperti yang dikatakan salah satu warga sekitar, Ahmad. Selain kondisi badan jalan yang aspalnya telah banyak terkelupas itu, letak jembatan yang terlalu menikung itupun telah merenggut nyawa pengguna sepeda motor serta membuat beberapa kali kecelakaan lalu lintas.

"Sekarang aspal dibadan jembatan bagian hulu sudah banyak yang mengelupas dan berlobang. Itu sering bikin macet dan juga membuat pengendara kewalahan. Sebab tidak jarang pengendara jalan harus mendadak mengerem,"ujarnya.

Pantauan Koran ini, tampak sejumlah kendaraan harus ekstra hati-hati melintas. Sebab lubang di badan jembatan saat ini telah melebar hingga memakan separoh badan jembatan. Pengguna jalan yang tidak sabar sengaja mengambil jalan dijalur yang berlawanan, sedangkan badan jembatan lebarnya sangat sempit dan terbatas.

Dibagian hilir jembatan, kondisi tikungan yang sangat tajam dan berada pada dataran yang sangat tinggi membuat kendaraan berat harus ekstra waspada mengendalikan kendaraan. Lebih-lebih kondisi itu semakin diperburuk dengan badan jalan yang bergelombang.

"Jika diperhatikan jembatan ini memang ekstrim, di dua sisi jembatan ada tikungan tajam. Umurnya yang tuapun saat ini membuat badan jembatan rusak dan ayunannya sudah tidak terasa lagi seperti dulu. Kemungkinan karetnya sudah mati," ujar warga lainnya pula.

Sementara itu untuk mengatasi kerusakan yang berat dan kondisi yang kusam. Warga mengaku setiap tahunnya jembatan tersebut selalu dilakukan pencucian oleh pemerintah provinsi. Bahkan pada beberapa pekan lalu warga sempat  menyaksikan pada sisi kiri jembatan dari arah Jambi dilakukan pengeboran untuk survei kelayakan tanah. Warga menduga hal itu dilakukan untuk membangun jembatan baru disamping jembatan tua tersebut.
(ald)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net