Headlines News :

BPK Temukan SPPD Fiktif di Tebo

MerdekaPost | Jumat, 15 Juni 2012

(F. Ilustrasi)
TEBO, MPOnline - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jambi menemukan sejumlah Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) fiktif di sejumlah SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tebo, yang merugikan keuangan daerah.

Hal ini diketahui dari hasil pemeriksaan BPK terhadap keuangan daerah Kabupaten Tebo tahun 2011 yang lalu. Hasil pemeriksaan BPK tersebut diketahui banyak penyimpangan yang terjadi dalam penggunaan anggaran daerah tersebut.

Salah satu temuan BPK tersebut, yakni di sejumlah SKPD diketahui adanya SPPD fiktif yang merugikan keuangan daerah.Asisten I Pemkab Tebo, Mohd Hatta mejelaskan, sejumlah SKPD yang telah menggunakan dana anggaran secara boros dan kurang efektif, salah satunya yakni dengan memperbanyak perjalanan dinas yang dianggap kurang penting.

"Perjalan dinas terlalu banyak, sampai-sampai ada SPPD yang ganda," ujarnya.

Hanya saja Hatta enggan menyebutkan nama SKPD dimaksud. Dirinya tidak mengindahkan jika temuan tersebut memang benar ada.

"Saya tidak mau sebutkan, silahkan cari sendiri saja," ujarnya.

Sementara, salah satu sumber yang tidak mau disebutkan namanya menyebutkan jika temuan BPK tersebut diantaranya terdapat di BAPPEDA Tebo. Menurut sumber, banyak SPPD yang direkayasa untuk menutupi sejumlah uang tidak jelas arahnya pada tahun 2011 lalu.

"Banyak SPPD yang kami tidak tahu, tapi harus ditandatangani dan uangnya tidak tahu kemana, kami tidak ada terima serupiah pun," katanya.

Bendahara BAPPEDA Tebo, Ike mengaku jika hasil pemeriksaan BPK terhadap keuangan BAPPEDA Tehuan 2011 yang lalu menurutnya tidak ada temuan, semuanya berjalan lancar tanpa ada masalah.

"Setahu saya tidak ada, tapi lebih jelasnya, bisa anda tanyakan ke Kepala atau Sekretaris BAPPEDA," tukasnya. (ald)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net