Headlines News :

Belanda Menentukan Nasibnya Selama 90 menit.

MerdekaPost | Minggu, 17 Juni 2012

Kharkiv - Seperti yang dikatakan Mark van Bommel, saat ini "roda kehidupan" timnas Belanda sedang berputar ke bawah. Malam ini mereka akan menentukan nasibnya selama 90 menit.

Melakoni Piala Eropa 2012 sebagai salah satu tim yang paling dijagokan untuk jadi juara selain Spanyol dan Jerman, Belanda kalah dari Denmark dalam laga pertamanya di Grup B. Meski sangat mendominasi, tapi mereka di akhir pertandingan tercatat kalah 0-1.

Di pertandingan keduanya melawan rival besarnya, Jerman, De Oranye juga tak mampu menang. Permainan mereka kali itu tidak lebih baik daripada lawannya, dan kemudian kalah 1-2. Sebagai tim besar, tak heran jika Belanda mendapat kritikan dari sana-sini termasuk publiknya sendiri.

Dua tahun lalu Belanda sempat berjarak 90 menit dari gelar juara dunia. Saat ini mereka berjarak 90 menit dari kemungkinan tersingkir di babak grup Piala Eropa.

Meski kalah di final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Belanda pulang dengan kepala tegak. Mereka juga disambut bak pahlawan di negaranya, diarak dan dibuatkan parade khusus buat mereka di kota Amsterdam. Kekalahan dari Spanyol di final itu dimaafkan dan semua perjuangan mereka tetap diapresiasi sangat tinggi.

Tapi keadaan sedang berbalik. Belanda dibayang-bayangi kegagalan lolos ke putaran kedua EURO 2012. Faktanya, dalam sejarah Piala Eropa belum pernah ada tim yang kalah di dua laga awalnya tapi bisa maju ke fase knockout.

"Sebelumnya saya adalah pahlawan, sekarang saya tidak lebih dari menantu dari (Bert) Van Marwijk," seru Van Bommel tentang semua sorotan pada timnya saat ini.

"Saya mengetahui segala kritikan yang datang kepada kami. Tapi saya merasa semua kritik tersebut tak pantas," lanjut sang kapten di Skysports.

"Empat tahun lalu, kami adalah raja, dan saya tidak mendengar (kritik) apapun. Kini kritik datang seolah kami tidak berharga sama sekali."

Meski terkesan tidak besar, tapi Belanda memang tetap punya peluang. Mereka dipastikan lolos ke babak perempatfinal apabila bisa mengalahkan Portugal minimal dua gol dan di saat yang sama Jerman mengalahkan Denmark.

Apakah yang akan terjadi pada 90 menit pada tengah malam ini, saat Belanda bertanding melawan Portugal? Apakah Van Bommel dkk memang harus pulang dengan perasaan tak nyaman, ataukah mereka mampu membungkam semua hitung-hitungan di atas kertas itu? 


( choe ) 

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net