Headlines News :

Ayam Jantan Berkokok untuk Tandai Wilayah Kekuasaannya

MerdekaPost | Minggu, 24 Juni 2012

ayam berkokok
Ayam Jantan

Jika sinyal ini dilanggar, pertanda akan ada perkelahian.

Merdekapost.com - Apa yang membuat ayam  berkokok, terutama di pagi hari? Para ilmuwan menemukan jawabannya, bahwa hal itu ada hubungannya dengan jam alarm alamiah yang dimiliki ayam jantan.
Mengutip earthsky.org, ayam jantan berkokok karena dia memiliki jam internal yang membantunya mendahului terbitnya matahari. Seperti halnya burung, ayam jantan bernyanyi atau berkokok dalam siklus harian.
Hampir semua hewan memiliki siklus harian dari kegiatan yang dikenal sebagai ritme sirkadian. Ini adalah ritme biologis pada hewan, yang mengikuti siklus siang dan malam.

Ayam jantan mendahului matahari terbit untuk mengawali berburu makanan sehari-hari dan juga untuk pertahanan wilayah. Namun, jika satu ayam jantan tetangga memiliki jam internal yang telah diatur sedikit lebih awal, ini dapat merangsang ayam jantan lain untuk berkokok lebih awal juga.
Nyanyian ayam jantan saat matahari terbit sebenarnya adalah suatu cara untuk "membangun kekuasaan" wilayahnya. Ketika ayam berkokok, dia mengirimkan sinyal ke ayam jantan lainnya bahwa jika melanggar, berarti mereka minta berkelahi.

Selain pejantan, ayam betina ternyata juga ada yang diketahui berkokok. Ketika muncul burung elang, ayam betina akan menjerit keras untuk menggiring anak-anaknya bersembunyi. Tetapi, jika ayam betina melihat seorang manusia yang tidak mengancam, ayam betina mungkin hanya berkotek. 
(choe)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net