Headlines News :

Wisata Religi di Candi Muaro Jambi

MerdekaPost | Selasa, 29 Mei 2012

Muaro jambi
Merdekapost.com, JAMBI - Kawasan  percandian Muara Jambi, kerap dijadikan wisata ibadah se-Asia Tenggara

Kawasan  percandian Muara Jambi merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di Jambi. Kawasan percandian ini merupakan salah satu kompleks candi terbesar se-Asia Tenggara. Kawasan Percandian ini pernah dikunjungi oleh komunitas Buddha se-Asia Tenggara untuk beribadah. Situs percandian ini tidak hanya menjadi objek wisata saja, tapi juga tempat yang punya nilai sejarah yang sangat tinggi, objek penelitian para arkeolog dan juga tempat peribadatan.

Situs Kawasan  percandian Muara Jambi ini memiliki luas 11 kilometer persegi. Hingga kini di kawasan ini setidaknya terdapat 33 buah runtuhan bangunan bata atau candi. sebagian dari bangunan-bangunan tersebut terletak mengelompok di suatu tempat yang dikelilingi tembok pagar keliling misalnya Candi Teluk, Kembarbatu, Candi Gedong, Gumpung, Candi Tinggi, Kota Mahligai dan Candi Kedaton dan sebagian lagi terletak terpisah-pisah seperti Candi Astano, Manapo Melayu, dan beberapa manapo kecil lainnya.

Selain bangunan-bangunan Candi, di Kawasan  percandian Muara Jambi juga ditemukan sisa-sisa pemukiman berupa pecahan keramik dan tembikar serta barang-barang untuk keperluan sehari-hari. Kini, barang-barang temuan tersebut disimpan dan dipamerkan di Pusat Informasi Kawasan Percandian Muara Jambi yang terletak di dalam kawasan situs ini.

Di sekeliling kawasan  percandian Muara Jambi ini terdapat rimbunan pohon duku, dan durian. Setiap akhir minggu, banyak penjaja makanan di sekeliling candi ini sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan kelaparan. Karena lokasinya yang cukup luas, untuk mengelilingi Kawasan  percandian Muara Jambi ini disediakan sepeda yang disewakan dengan harga yang terjangkau.
(choe) 

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net