Headlines News :

Menikmati Sunset di Sungai Batanghari

MerdekaPost | Minggu, 20 Mei 2012

Merdekapost.com - Bersantai setelah puas melihat-lihat museum dan candi-candi di Kota Jambi paling tepat dilakukan di pinggir Sungai Batanghari yang melintasi kota ini. Tempat bersantai ini dikenal dengan nama Tanggo Rajo, kerap juga disebut sebagai "Ancol Jambi".

"Ancol Jambi" ini merupakan tempat duduk-duduk bersantai di pinggir Sungai Batanghari, yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Di pinggir sungai disediakan banyak kursi dan meja sehingga pengunjung dapat duduk santai sambil menikmati sajian jagung bakar dan es tebu. Pengunjung bisa sambil menunggu matahari terbenam alias sunset panorama Sungai Batanghari.

Kawasan yang terletak di depan rumah dinas Gubernur Jambi ini memiliki kisah sendiri. Menurut penduduk sekitar,, dulunya pada masa Melayu kuno tepatnya pada masa pemerintahan Raden Culip, di pinggir Sungai Batanghari ada sebuah bangunan peranginan bertingkat dua yang disebut Tanggo Rajo.

Tanggo Rajo ini digunakan oleh raja dan permaisuri serta dayang-dayangnya untuk bercengkerama di lantai atas sambil mengawasi pelabuhan dan memandang Sungai Batanghari beserta perahu-perahu yang melintas silih berganti. Diceritakan, bangunan Tanggo Rajo terbuat dari kayu bulian dan digapit rantai. Kursi raja di Tanggo Rajo didesain bisa berputar sesuai arah mata angin sehingga raja bisa memandang ke arah manapun.

Kini, Tanggo Rajo merupakan tempat yang ramai oleh pengunjung, terutama di sore hari. Pengunjung juga dapat menaiki kapal motor yang berseliweran untuk berkeliling sepanjang Sungai Batanghari sambil menikmati kehidupan penduduk Kota Jambi di pinggir Sungai Batanghari.
(choe)

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net