Headlines News :

Ini Dia Candi Unik di Jambi

MerdekaPost | Rabu, 13 Januari 2016

Merdekapost.net, JAMBI - Jambi merupakan provinsi yang kaya candi-candi peninggalan peradaban Hindu-Budha, sebagai potensi wisata utama provinsi ini. Berikut, akan diulas salah satu candi yang unik di Jambi, yaitu Candi Kedaton.

Candi Kedaton merupakan bagian dari kawasan percandian Muara Jambi, yang merupakan salah satu kompleks percandian terbesar se-Asia Tenggara. Pada jalan masuk menuju candi ini, terdapat sebuah parit besar yang sedang direklamasi oleh pemda Jambi untuk dijadikan lokasi wisata Air.

Keberadaan Candi Kedaton diketahui pada tahun 1976, dan hasil penelitian arkeologi menunjukkan bahwa kompleks Candi Kedaton merupakan bangunan yang paling besar dan luas di antara kompleks candi di Muara Jambi.

Candi ini memiliki luas 55.850 meter persegi, dan dibatasi pagar keliling yang terbuat dari batu bata, dengan bangunan induk yang memiliki luas 28,13 meter X 25,5 meter. Nama Candi Kedaton diberikan oleh penduduk lokal yang muncul dari imajinasi gambaran candi sebagai suatu tempat yang kokoh dan megah.

Keunikan Candi Kedaton dari candi-candi lainnya adalah strukturnya. Candi Kedaton memiliki muatan batuan kerikil dengan ukuran besar. Padahal, seluruh bangunan di kompleks Candi Muara Jambi ini memiliki struktur berisi tanah atau bata. Diperkirakan, kerikil-kerikil ini berasa dari daerah hulu Sungai Batanghari.

Asal-usul peradaban Candi Kedaton masih diperdebatkan oleh para arkeolog dan ahli budaya.
Pasalnya, di reruntuhan candi ini pernah ditemukan sebuah Belanga Perunggu, yang diduga bukan merupakan karya asli Jambi, dan memiliki kesamaan dengan peralatan perunggu yang ditemukan di candi-candi di Bali dan Jawa (memiliki unsur China). Sehingga diduga ada pengaruh peradaban China dalam pembangunan dan kehidupan di Candi Kedaton ini ribuan tahun yang lalu.

Masih ada lagi sebuah reruntuhan candi di belakang Candi Kedaton ini yang belum usai dipugar. Di reruntuhan ini juga ditemukan kerikir-kerikil serta beberapa patung pahatan yang berfungsi sebagai 'penjaga' candi.

Di sekeliling Candi Kedaaton ini terdapat rimbunan pohon durian, sehingga berhati-hati ketika berjalan karena banyak buah durian yang telah matang yang jatuh ke tanah. Namun
hal ini menjadikan lokasi Candi Kedaton ini juga memiliki daya tarik lainnya, yaitu wisata kuliner durian.

(choe)



              BACA JUGA            
Wisata Religi di Candi Muaro Jambi
Candi Tinggi, Ikon Kawasan Percandian Muara Jambi
Candi Muaro Jambi Terancam Industri Batu Bara
Menikmati Sunset di Sungai Batanghari
Candi Gumpung, Candi Terluas di Muara Jambi

 

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net