Headlines News :

Heli Tim Rusia Tak Sesuai Kondisi Medan

MerdekaPost | Minggu, 13 Mei 2012

Jakarta - Tim dari Rusia selesai merakit helikopter yang hendak digunakan untuk mencari serpihan badan Sukhoi SuperJet 100 di dasar jurang. Namun kemampuan helikopter tersebut dikuatirkan tidak sesuai kondisi medan yang berangin kencang dengan cuaca cepat berubah. 

"Heli mereka terlalu kecil," kata Danrem 061 Badak Putih, Kolonel Infranti A.M. Putranto, di Posko Cijeruk, Gunung Salak, Bogor, Minggu (13/5/2012).

Putranto mengatakan, perwakilan tim dari Rusia sudah menemui dirinya untuk menanyakan ijin kapan bisa melakukan operasi pengumpulan pecahan badan pesawat yang berada di dasar jurang. Di dalam pertemuan tadi malam, tim Rusia juga melaporkan data peralatan yang mereka bawa untuk keperluan operasi dan menanyakan kondisi medan.

"Mereka mau heli lebih turun lagi, itu akan sulit. Tapi kalau cuaca clear, tidak masalah," sambungnya.

Berdasar pantauan reporter detikcom di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, siang ini salah satu heli dari Rusia tampak sudah selesai dirakit. Heli berwarna putih-oranye yang seukuran heli Bolco yang digunakan Mabes Polri untuk berpatroli tersebut, sedang menjalani uji terbang hingga ke Cijeruk.

"Itu pesawatnya sedang tes, kalau baik akan dipakai untuk operasional. Teknis penerbangannya, kita serahkan ke Rusia," ujar Kepala Basarnas Marsdya Daryatmo di Lanud Halim Perdanakususma, Jakarta, Minggu (13/5/2012).

Perlu diketahui, tim SAR mengerahkan heli Puma dan Super Puma TNI AU untuk keperluan evakuasi korban dari lembah dan dasar jurang lokasi musibah di Gunung Salak, Bogor, ke Posko Cijeruk. Ukuran fisik dua tipe helikopter hampir tiga kali lebih besar dengan kemampuan mesin dan terbang yang lebih kuat untuk melawan angin kencang dibanding helikopter sekelas Bolco.

Sementara unit helikopter Bolco milik Polri, Basarnas dan TNI AD, digunakan untuk membawa jasad korban dari Posko Cijeruk ke Posko di Lanud Halim Perdanakusumah. 

(choe)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net