Headlines News :

Harga Sawit Kian Anjlok, Sembako Merangkak Naik

MerdekaPost | Selasa, 22 Mei 2012

TBS Sawit (F.Ilustrasi)
Dari Rp 1.780 Menjadi Rp 1.410/Kg

TEBO - Tidak hanya harga karet yang mengalami penurunan, Tandan Buah Sawit (TBS) pun sejak beberapa pekan ini mengalami penurunan drastis. Harga sebelumnya Rp 1.780, menjadi Rp 1.410 perkilogram. Hal ini dikatakan oleh salah seorang pembeli buah sawit di Desa Muara Ketalo, Tebo Ilir Kabupaten Tebo.

"Harga sawit ini sempat turun beberapa kali, sudah tiga hari ini bertahan di harga Rp 1.410 hingga Rp 1.500 perkilogramnya," terangnya, kemarin.

Lebih jauh dikatakannya, semenjak harga buah sawit mengalami penurunan ini, daya jual buah sawit terasa mulai berkurang. Sebab para petani merasa malas. Fenomena itupun memang sudah menjadi kebiasaan para petani sawit apabila menghadapi masa anjlok harga sawit.

"Sejak turun hingga Rp 300 ini petani tampak mulai lesu. Namun bukan berarti tidak ada yang menjual. Bagi mereka yang hanya bergantung pada mata pencarian kebun sawit mau tidak mau harus menjual buah tandan dengan harga beli sedemikian," tuturnya.

Sementara itu mengenai apa penyebab turunnya harga sawit ini, para pembeli mengaku tidak tahu. Namun kemungkinan pembeli utama saat ini memiliki stok banyak, sehingga menyebabkan permintaan turun. 

"Sejauh ini kita tidak tau pasti apa penyebabnya, hanya saja yang sangat disayangkan dimana hasil tani anjlok harganya, justru sembako perlahan naik,"pungkasnya. (ald)

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net