Headlines News :

Di Tebo, Gara-Gara Panitia Lelang Belum Terbentuk Banyak Kegiatan SKPD Tertunda

MerdekaPost | Kamis, 24 Mei 2012

Dikhawatirkan Pelaksanaan Proyek APBD Tidak Maksimal

MUARA TEBO, MP.COM – Hingga sekarang sebagian besar dari SKPD yang ada di Pemkab Tebo belum dapat melaksanakan kegiatan pengerjaan proyek karena belum dibentuknya panitia lelang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Ir.Arif Makruf Dachlan ketika dikonfirmasi (23/05) membenarkan keterlambatan kegiatan tersebut. Menurutnya, salah satu faktor keterlambatan dikarenakan terlambatnya pembentukan panitia lelang.

“Kita memang terlambat membentuk panitia, dan sekarang sudah dalam proses,” ujarnya.

Dikatakannya, akibat keterlambatan tersebut dirinya juga mendapat teguran dari Bupati Tebo H.Sukandar. Hanya saja, dirinya susah untuk melangkah karena belum adanya hasil kerja dari para konsultan pekerjaan.

“Bagaimana kita mau bekerja kalau gambarnya saja kita belum terima,” katanya.

Disisi lain terkait keterlambatan pelaksanaan beberapa kegiatan di Dinas PU, Arif sangat menyayangkan Pejabat Sementara yang menggantikan posisinya saat dirinya cuti kerja untuk mengikuti pendidikan di luar daerah, “Itulah, kenapa tidak dari kemarin dibentuk,” sesalnya.

Dirinya mengaku tidak tahu pasti apa yang membuat Sekda Kabupaten Tebo, Noor Setya Budi yang menggantikan posisinya sementara waktu tidak membentuk panitia lelang kegiatan.

Arif berharap, jika saja dibawah kepemimpinan pejabat sementara selama Tiga Bulan cuti, panitia lelang untuk kegiatan Dinas PU telah dibentuk, Dirinya mengaku tinggal melanjutkan pelaksanaan kegiatan.

“Tidak tahu kenapa, kalau saja dahulu dikerjakan saya tinggal melanjutkan,” akunya.

Sekda Kabupaten Tebo Noor Setya Budi belum dapat dikonfirmasi. Sekda yang diketahui sedang mengikuti pelatihan Kegiatan SPAMA di luar daerah, saat dikonfirmasi lewat pesan singkat kemarin tidak memberikan jawaban apapun.

Kondisi yang serupa juga terjadi di SKPD atau Dinas lain dilingkungan Pemkab Tebo, seperti halnya di Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan dibeberapa dinas lainnya yang ada kegiatan atau proyek fisiknya'

Menyikapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Tebo Wartono Trian Kusumo kepada sejumlah wartawan mengaku kecewa atas keterlambatan ini. Dirinya mewarning SKPD agar mempercepat pelaksanaan lelang kegiatan di masing-masing SKDP mengingat masih adanya waktu yang tersisa.

“Kita berharap, dulu ketuk palu pengesahan APBD dilakukan lebih awal untuk memberikan kelonggaran kepada SKPD, tapi ternyata tidak dimanfaatkan dengan baik,” pungkasnya. 

Sementara itu, Salah seorang Tokoh masyarakat Tebo Amriullah, menanggapi hal ini menyebutkan bahwa ini menyangkut kinerja, dan hal ini harus secepatnya ditindaklanjuti, dan kemungkinan ada hubungannya dengan mutasi pejabat besara-besaran yang dilakukan baru-baru ini, dan kenyataannya para pejabat yang baru belum bisa bekerja secara maksimal karena pengalaman yang belum memadai, itu hanya kemungkinan salah satu faktornya". Ungkap Amir.

"Kita berharap secepatnya kegiatan atau proyek di Kabupaten Tebo bisa berjalan, sebab, waktu yang masih tersedia cukup singkat, APBD aja belum berjalan apalagi ABT nantinya, dan jika gagal maka ini akan sangat merugikan masyarakat Kabupaten Tebo". Pungkasnya. (ald)

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net