Headlines News :

Candi Tinggi, Ikon Kawasan Percandian Muara Jambi

MerdekaPost | Kamis, 24 Mei 2012

Merdekapost.com, JAMBI - Tidak jauh dari kompleks Candi Gumpung, terdapat candi lain yang tidak kalah menariknya, yaitu kompleks Candi Tinggi. Kompleks Candi Tinggi ini terletak di sebelah timur laut kompleks Candi Gumpung.

Bangunan candi tinggi ini memiliki lahan seluas 2,92 hektar, dan terdiri dari satu bangunan induk yang berdenah bujur sangkar berukuran 16 meter persegi, dengan tinggi 7,6 meter. Enam bangunan pendukung, dan pagar keliling serta dikelilingi parit yang diberi jembatan agar wisatawan yang berkunjung mudah menyeberang.

Bangunan Candi Tinggi ini telah mengalami pemugaran pada tahun 1980 hingga 1982. Dari hasil penelitian arkeolog saat pemugaran diketahui, bahwa pada bangunan induk candi tinggi ini pernah dilakukan perluasan struktur bangunan. Di mana struktur bangunan yang lebih tua ditemukan masih tetap utuh di bagian dalam bangunan, sedangkan bangunan yang lebih muda dibangun menutupi struktur lama seperti terlihat saat ini.

Saat penemuan dan pemugaran Candi Tinggi ini banyak ditemukan benda-benda emas, dan batu-batu mulia di dalamnya. Selain itu, adapula benda-benda lain seperti kaca Persia, paku besi, benda logam yang terbuat dari perunggu, dan fragmen arca batu.

Sedangkan di halaman Kompleks Candi Tinggi ini, banyak ditemukan pecahan keramik China dari masa dinasti T'ang, Song, Yuan, Ming, dan Qing.

Candi Tinggi ini merupakan salah satu candi yang terkenal banyak dikunjungi untuk tempat ibadah oleh umat Budha.

Bentuk Candi yang memang tinggi ini juga unik, dan dapat dijadikan sebagai salah satu ikon penting kawasan percandian muara Jambi.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika berkunjung ke Kawasan Percandian Muara Jambi ini juga memilih mengambil foto di kompleks Candi Tinggi ini.


(choe)

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net