Headlines News :

Mulus Lembut Lapis Legit Gulung Asal Jambi

MerdekaPost | Kamis, 12 April 2012

Jakarta - Kue lapis legit ini tak hanya berlapis-lapis tetapi digulung hingga bentuknya lebih mungil dan cantik. Kemasannya modern dan cantik. Aroma wangi semerbak bumbu spekuknya bikin tak bisa berhenti untuk mencomotnya!

Kue yang semerbak ini masuk dalam kategori kue klasik Indonesia. Lapis legit sering disebut spekkoek atau spiku. Kata 'spekkoek' artinya 'lemak lapis' karena kue ini memang terdiri dari belasan lapisan. Terbuat dari kuning telur, mentega, gula, dan bumbu spekkoek (campuran kayumanis, cengkeh, pala, dan kapulaga). Rasanya gurih, legit, dengan jejak rempah yang semerbak.

Konon, lapis legit yang enak punya lebih dari 18 lapisan. Membuatnya pun butuh kesabaran tinggi karena harus dilapis satu per satu. Karena membuatnya sulit dan memakan waktu lama, kue ini berharga cukup mahal. Umumnya, lapis legit dijual seukuran 20x20 cm dengan harga bisa mencapai Rp 400,000.

Saat berbelanja di Ranch Market Pondok Indah, saya melihat sesuatu yang menarik. Ada lapis legit unik di antara deretan kue-kue kering. Bentuknya memanjang seperti balok, namun sudut-sudutnya tumpul. Mirip roll, tapi kotak. Namanya 'Scroll, Square Lapis Legit Roll'.

Wah, sesuatu yang menarik. Mengingat lapis legit kini sudah tergolong kue mahal yang hanya disajikan di hari-hari istimewa seperti lebaran, natal dan tahun baru imlek. Karena rasanya yang enak dan lapisannya yang wangi membuat kue ini terkenal di mancanegara.

Lebih menarik karena ternyata ada 7 rasa yang bisa dipilih, yaitu original, cokelat, moka, dan teh hijau (Rp 98,000) serta prune, keju, dan almond (Rp 108,000). Bingung, kelihatannya semuanya enak. Akhirnya saya memilih varian original dan cokelat. Lapis legit yang saya mau pun dimasukkan ke dalam kotak warna-warni yang cantik minimalis.

Sebenarnya tampilan lapis legit ini tergolong modern. Menggabungkan antara teknik gulung dan lapis. Jadi potongan lapis legit aneka rasa itu dibungkus atau digulung dengan adonan kue dengan bentuk segi empat agak tumpul. Saat diiris, hmm... teksturnya lebih halus dan lembut. Tampaknya, komposisi telur dan mentega atau roomboternya sangat pas.

Rasa cokelat tidak terlalu kuat terasa, namun jejak harum rempah khas spekoeknya terdeteksi pada varian original. Bumbu spekkoek yang diracik sendiri, membuat aromanya wangi kuat. legitnya terasa Yang saya suka, rasanya tidak terlalu manis, sehingga tidak bikin eneg seperti lapis legit lain. Juga tak ada jejak mentega leleh yang berlebihan. O la la ... sepotong dua potong tidak cukup!

Lapis legit rasa cokelat penampangnya unik, mirip lambang Nazi atau Swastika. Sementara itu, irisan versi original terlihat seperti anyaman tikar. Setiap varian memiliki motif berbeda. Ternyata, lapis legit ini tidak hanya enak, tapi juga cantik dilihat. Versi potongan yang disilangkan ini dikenal sebagai lapis legit tikar pada model klasik.

Kelihatannya, lapis legit dibuat seperti biasa namun lebih tipis, lalu diiris-iris sehingga berbentuk balok-balok ramping. Setelah itu, 4 buah balok disusun sedemikian rupa, kemudian dibungkus dengan dua lapis adonan legit.

Saya jadi membayangkan proses pembuatannya. Lapis legit biasa saja butuh waktu dan kesabaran tingkat tinggi, apalagi menyusun lapis legit gulung seperti ini? Pastinya perlu kreatif san maha sabar!

Olivia Yap sang perintis lapis legit Scroll ini sejak kecil sering membantu ibunya membuat lapis legit gulung. Usaha rumahan asal Jambi ini sudah dimulai sejak 1990, namun baru dibuat profesional sejak awal 2010.

Dari markasnya di Ciputat, Scroll memproduksi sekitar 1000 buah lapis legit per hari. Selain dikirimkan ke beberapa supermarket terkemuka di Jakarta, Scroll juga melayani pesan antar se-Jakarta. Rencananya, tahun ini Scroll akan membuka outlet sendiri di Ciputat.

Lapis legit ini dikemas dengan apik dalam kemasan karton dengan warna-warna cantik sehingga cocok dijadikan oleh-oleh atau bingkisan. Kotaknya yang keras membuat kue ini tidak mudah rusak atau hancur jika dibawa-bawa.

Sepertinya lapis legit ini cocok buat mereka yang tak mau membeli seloyang besar. Varian rasanya juga banyak. Dalam suhu kamar, Scroll tahan 7 hari. Simpan dalam kulkas agar kue ini kuat 2-3 minggu. Wah, sepertinya saya sudah menemukan kue klasik favorit baru yang lebih praktik dan enak.

Scroll Square Lapis Legit Roll
Ranch Market Pondok Indah 
FoodHall Senayan City, dan Mal Kelapa Gading 3
Kem Chicks Pacific Place
Telepon: Olivia Yap 021-94891016 / 0818864446
E-mail: scroll.lapisroll@yahoo.com

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net